Farid Ayik Musisi dan Teknisi Gitar Kelas Dunia (1): Kayu Tentukan Kualitas

Sabtu 03-02-2024,00:02 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Heti Palestina Yunani

Gitar dibuat menggunakan kayu-kayu khusus. Beberapa diantaranya adalah kayu mahoni dan alder. Jika menggunakan kayu mahoni, karakter sound yang dihasilkan cenderung ada dalam frekuensi low.

Seperti gitar yang digunakan oleh Gary Moore, musisi blues. Ia pernah memainkan Gibson Firebird yang berbahan mahoni. Selain Moore, Gibson Firebird digunakan oleh musisi seperti Brian Jones dan Dave Grohl. Dengan mahoni, kualitas sound yang dimainkan dalam genre blues atau rock, lebih menekankan unsur low.

Mahoni juga sangat tangguh. Memiliki ketahanan yang baik terhadap unsur pembusukan kayu. Gitar dengan bahan mahoni dikenal stabil, dan memiliki kemungkinan kecil untuk melengkung.

Berbeda jika menggunakan kayu alder, maka karakternya cenderung berfrekuensi middle dan high. Seperti gitar Fender Telecaster yang dibuat dari jenis red alder. Jenis Fender Telecaster digunakan oleh banyak gitaris.

Seperti Eric Clapton, David Gilmour, Jimi Hendrix, dan lain-lain. Kayu tersebut memiliki banyak keunggulan sonik. Tak terlalu padat, pori-pori tertutup, kokoh, yang membuat nada yang dihasilkan cukup istimewa.

Wawasan sebagai teknisi gitar, diperoleh Ayik ketika ia bekerja di sebuah perusahaan gitar ternama. Dari situ ia banyak mempelajari teknik kelistrikan, jenis kayu, serta berbagai teknik lain yang ada dalam bass atau gitar.

Pasca bekerja di perusahaan tersebut, ia membuka bengkel gitar sendiri. Banyak musisi yang memakai jasanya. Hingga kini pun Ayik kerap dipanggil ke berbagai daerah untuk melakukan perbaikan, cek keaslian gitar dan segala hal yang berhubungan dengan alat musik petik tersebut.

"Kalau menentukan asli-tidaknya gitar, ada beberapa cara. Meski mirip sekali pun, masih bisa dicari perbedaannya. Ada item-item tertentu yang tidak bisa ditiru," ungkapnya. (Guruh Dimas Nugraha)

BACA SELANJUTNYA: Farid Ayik, Musisi dan Teknisi Gitar Kelas Dunia (2): Tahu Orisinal Tahu KW

 

Kategori :