Anak Sulit Memperhatikan dan Berkonsentrasi? Berikut 7 Tip Mengatasinya

Rabu 01-05-2024,22:44 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Dalam lingkungan modern saat ini, yang dipenuhi dengan banyak gangguan, membina perhatian yang kuat pada anak-anak sangatlah penting. Baik itu menyelesaikan pekerjaan rumah, terlibat dalam kegiatan kelas, atau sekadar fokus pada tugas yang ada.

Kemampuan berkonsentrasi adalah keterampilan berharga yang dapat bermanfaat bagi anak-anak sepanjang hidup mereka. Jika Anda ingin meningkatkan rentang perhatian anak, berikut tujuh tip praktis untuk membantu mereka tetap fokus dan penuh perhatian.

Anak sulit memperhatikan dan berkonsentrasi? Berikut 7 tip mengatasinya  Dorong anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga. Itu dapat meningkatkan konsentrasi mereka - Harvard Health-

Tetapkan rutinitas: 

Konsistensi adalah kunci dalam meningkatkan rentang perhatian. Tetapkan rutinitas harian yang mencakup waktu yang ditentukan untuk pekerjaan rumah, bermain, dan istirahat.

BACA JUGA: Ternyata Tantrum pada Anak Itu Normal, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Memiliki jadwal yang terstruktur membantu anak mengetahui apa yang diharapkan dan mempersiapkan pikiran mereka untuk aktivitas terfokus.

Batasi waktu pemakaian gadget: 

Waktu menatap layar gadget yang berlebihan dapat mengalihkan perhatian dan mengganggu konsentrasi. Tetapkan batasan jumlah waktu yang dihabiskan anak Anda untuk menonton TV, bermain video game, atau menggunakan perangkat elektronik. 

Dorong aktivitas alternatif seperti membaca, bermain di luar ruangan, atau melakukan hobi yang meningkatkan perhatian mereka.

BACA JUGA: Ajak Anak Autis Lebih Percaya Diri, Rumah Anak Prestasi Gratis Bagi Warga Surabaya

Salurkan rasa ingin tahu anak: 

Anak-anak secara alami tertarik pada apa yang menarik minat mereka. Tanamkan pembelajaran dan fokus ke dalam aktivitas yang mereka sukai. 

Ajarkan pada anak-anak tentang matematika melalui permainan yang mengasyikkan atau kembangkan kreativitas mereka dengan permainan mendongeng.

Kategori :