Ketahui Manfaat Pisang yang Jarang Diketahui, Nomor 7 Kabar Gembira untuk Penderita Diabetes

Selasa 13-08-2024,08:58 WIB
Reporter : Nanda Ulya Darojat
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA: Mengenal 5 Jenis Buah Naga dan Manfaatnya

5. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Vitamin B6 yang ada dalam pisang berperan dalam produksi serotonin neurotransmitter. Asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan magnesium dalam pisang juga membantu mengurangi stres dan kecemasan. Wah setelah tahu manfaatnya, Anda akan lebih sering makan pisang kapan pun butuh sesuatu yang meredakan stres dan kecemasan Anda.

6. Mendukung Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin A, C, dan E dalam pisang membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A membantu regenerasi sel kulit, vitamin C membantu produksi kolagen, dan vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA: Kini Buah Sirsak Sedang Musim, Yuk Kenali Berbagai Khasiatnya

7. Membantu Mengontrol Gula Darah

Meskipun pisang mengandung gula alami, indeks glikemiknya relatif rendah. Ini berarti pisang tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. Kelebihan pisang yang satu ini tentu saja menggembirakan bagi penderita diabetes atau yang sedanf diet.

Selain kelebihan itu, serat dalam pisang juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan gula, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. Anda tahu bahwa makanan yang berserat sangatlah bagus untuk kesehatan.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pisang mengandung vitamin C dan vitamin A, yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi yang optimal, penting untuk kesehatan darah.

BACA JUGA: Resep Legitnya Gethuk Pisang Khas Kediri yang Cocok Jadi Oleh-oleh

Pisang bukan hanya buah yang lezat dan mudah dikonsumsi, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan yang sering kali kurang diperhatikan. Dari menjaga kesehatan jantung hingga mendukung pencernaan dan kesehatan mental. (*)

Artikel ini ditulis oleh Nanda Ulya Darojat, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :