Belanda vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons Dianulir, Les Bleus Diselamatkan VAR

Sabtu 22-06-2024,04:57 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Kehilangan Kylian Mbappe terasa sekali dampaknya bagi timnas Prancis. Kapten Les Bleus itu tidak diterjunkan dalam big match Grup D Euro 2024 antara Belanda vs Prancis pada Sabtu, 22 Juni 2024 dini hari WIB.

Tak hanya ketajaman Prancis yang berkurang. Level kepercayaan diri juara dunia 2018 itu juga berkurang drastis. Alhasil, meski cukup mendominasi penguasaan bola dan serangan, Les Bleus (sebutan Prancis) gagal mencetak skor.

Laga Belanda vs Prancis yang digelar di Red Bull Arena, Liepzig itu, berakhir imbang tanpa gol. Alias 0-0.

BACA JUGA:N'Golo Kante Panik Mbappe Patah Hidung, Bisa Main Lawan Belanda?

Dengan hasil imbang itu, Belanda kini menempati klasemen sementara Grup D. Meskipun kedua tim sama-sama mengoleksi 4 poin, Belanda unggul selisih gol. Prancis wajib menang atas Polandia di matchday terakhir untuk mengamankan kans ke babak 16 Besar.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Antoine Griezmann gagal mencetak gol.-Franck Fife -AFP

Jalannya Pertandingan

Timnas Prancis memang lebih difavoritkan dalam laga melawan Belanda. Namun, pada kesempatan itu, pelatih Didier Deschamps membuat sejumlah perubahan berarti di starting line-up.

Karena Kylian Mbappe tidak bisa bermain akibat patah hidung, maka ia menempatkan striker Inter Milan Marcus Thuram sebagai penyerang tunggal di depan. Mengisi posisi Mbappe. Ia didukung Antoine Griezmann, tepat di belakangnya.

BACA JUGA:Sang Metronom N'Golo Kante: 'Kartu As' Prancis saat Tumbangkan Austria 1-0 , Main 90 Menit, Berlari 11,7 Kilometer!

Namun, di lini tengah, ia membuat keputusan aneh lain. Ia tidak menerjunkan Bradley Barcola dan Eduardo Camavinga (dua anak muda yang bersinar di klub masing-masing musim lalu). Dan malah memainkan Aurelien Tchouameni dan menempatkan Griezmann di posisi yang sangat penting.

Itu bukan keputusan yang salah. Tapi jelas tidak efektif. Peran keduanya nyaris tidak terlihat sepanjang pertandingan. Belanda bahkan nyaris membuka keunggulan pada menit keempat. Ketika Jeremie Frimpong menaklukkan Theo Hernandez untuk head-to-head dengan kiper Prancis Mike Maignan.

Namun, hanya tepisan kecil dari Maignan membuat bola terbuang melebar. Antoine Griezmann mencoba membalas serangan tersebut dengan menciptakan peluang beberapa menit kemudian. Namun, finishnya buruk sekali.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Antoine Griezmann gagal mencetak gol.-Franck Fife-AFP

BACA JUGA:Austria vs Prancis 0-1: Mbappe Sampai Patah Hidung, Les Blues Hanya Menang Tipis

Kategori :