Belanda vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons Dianulir, Les Bleus Diselamatkan VAR

Sabtu 22-06-2024,04:57 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

BACA JUGA:Ambisi Kylian Mbappe Bawa Prancis Juara di Euro 2024, Sudah Terjangkit Virus CR7

Antoine Griezmann gagal dua kali berturut-turut dalam 15 menit pertama. Pertama, ketika Adrien Rabiot menyodok ke kiri dan menaklukkan dua bek Belanda. Griezmann tersandung saat mencoba mengonversinya. Kedua, tendangan striker Atletico Madrid itu melebar setelah buildup yang keren dari N’Golo Kanté.

Prancis bahkan nyaris kalah dari Belanda yang bermain lebih taktis dan cemerlang. Kalau tidak "diselamatkan" oleh VAR.

Ya, setelah babak pertama yang alot dan tidak menghasilkan apa-apa, Belanda berhasil membobol pertahanan Prancis. Pada menit ke-67, Oranje (sebutan Belanda) mencetak gol lewat gelandang muda Xavi Simons.

Diawali dari umpan Cody Gakpo ke Memphis Depay yang ada di kotak penalti. Depay menembak, tapi diblok oleh kiper Prancis Mike Maignan.

BACA JUGA:Prancis vs Luksemburg 3-0: Kylian Mbappe MOTM, Les Blues Siap Bersinar di Euro 2024

Xavi Simons (anak muda 21 tahun yang bermain untuk RB Leipzig itu), menangkap bola muntah. Dan melepaskan tendangan kuat yang menyarangkan bola di pojok bawah gawang Maignan.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Simons (kiri) menendang bola ke gawang Prancis, tapi ada Denzel Dumfries (kanan) di belakang bek Prancis.-Antonio Callani -AP via Guardian

Namun, bendera sudah terangkat. Wasit meminta VAR mengecek. Memang benar. Ketika Xavi Simons melepaskan tendangan ke gawang, ada bek Belanda Denzel Dumfries yang berada posisinya di dekat Maignan. Di sisi kanan gawang.

Posisinya jelas-jelas offiside. Meskipun ia tidak dalam posisi menerima bola atau mengintervensi proses terjadinya gol. Keberhasilan Xavi Simons yang sudah dirayakan dengan meriah itu dibatalkan.


BELANDA vs Prancis 0-0: Gol Xavi Simons dianulir, Les Bleus diselamatkan VAR. Foto: Xavi Simons (kiri) merayakan gol di menit ke-67.-Franck Fife-AFP

"Memang tidak ada gol, kok," kata Didier Deschamps, pelatih Prancis, dalam konferensi pers pasca pertandingan. Ia tidak membahas apakah Denzel Dumfries offside atau tidak. Melainkan apakah gol Xavi Simons sah atau tidak.

BACA JUGA:Bandel! Kylian Mbappe Terancam Absen Lawan Belanda Gara-Gara Hidung Patah, Malah Cari Ide untuk Ini...

BACA JUGA:Polandia vs Belanda 1-2: Wout Weghorst Selamatkan Muka Singa Belanda

"Apa pun yang terjadi di lapangan, sekontroversial apa pun, hasil akhir tidak bisa diubah. Dan dalam kasus tadi, menurutku, memang tidak terjadi gol," paparnya.

Setelah gol itu, Prancis seperti tersengat untuk kembali bermain menyerang. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol tercipta. Baik yang sah maupun tidak.

Kategori :