Wajib Tahu! 7 Peristiwa Penting yang Dialami Para Nabi di Hari Asyura

Selasa 16-07-2024,13:45 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Hari Asyura jatuh pada 10 Muharram. Tahun ini, tanggal tersebut bertepatan dengan hari ini, Selasa, 16 Juli 2024. Hari Asyura dikenal sebagai hari spesial yang penuh makna dan sejarah bagi umat Muslim.

Tidak hanya dikenal sebagai hari yang istimewa, Hari Asyura juga menandai beberapa peristiwa penting yang dilalui oleh para Nabi yang kita kenal dengan beberapa kisahnya yang mungkin bisa kita pelajari atau teladani.

Di Hari Asyura, ada 7 kisah Nabi yang mengalami peristiwa penting bagi kehidupan mereka. Berikut penjelasan dari kisah-kisah tersebut.

BACA JUGA:5 Keutamaan Puasa Asyura, Dapat Pahala Setara 10.000 Malaikat Hingga Hapus Dosa Setahun

1. Diterimanya Taubat Nabi Adam AS

Nabi Adam AS merupakan manusia pertama di bumi. Ia melakukan kesalahan, yakni memakan buah terlarang. Akibatnya, ia dan istrinya, Hawa, diusir dari surga. Namun, Allah SWT mahapengasih dan mahapenyayang. Pada Hari Asyura, taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT. Meskipun sejak itu Adam dan Hawa tetap menjalani kehidupan di bumi. Dan menjadi cikal bakal dari seluruh umat manusia yang ada saat ini.

2. Selamatnya Nabi Nuh AS dari Banjir Bandang


7 peristiwa penting yang dialami para Nabi di Hari Asyura. Foto: Ilustrasi bahtera Nabi Nuh mendarat di Bukit Zuhdi.-Moslem World-

Saat dunia dilanda banjir bandang dahsyat yang menghanyutkan dan membinasakan banyak makhluk, Nabi Nuh AS berada dalam kapal besar menghadapi banjir tersebut. Allah SWT menyelamatkan Nabi Nuh AS dan para pengikutnya yang berada di kapal besar tersebut. Kapal itu akhirnya berlabuh dengan selamat di bukit Zuhdi pada Hari Asyura.

BACA JUGA:Niat, Tata Cara, dan Keistimewaan Puasa Muharram, Dicatat Sebagai Ibadah 700 Tahun

BACA JUGA:12 Keutamaan Puasa Senin Kamis, Amalan yang Rutin Dikerjakan Rasulullah

3. Terbelahnya Laut Merah untuk Nabi Musa AS

Firaun dikenal sebagai raja Mesir yang kejam. Saat itu, ia mengejar Nabi Musa AS dan kaumnya, Bani Israil, yang melarikan diri. Allah SWT membuat mukjizat dengan membelah Laut Merah. Nabi Musa AS dan umatnya akhirnya berhasil menyeberangi lautan dengan selamat. Dan ketika Firaun beserta bala tentaranya mengikuti jejak Nabi Musa, Allah menutup lagi laut tersebut. Hingga mereka hanyut dan tenggelam.

4. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari Api Raja Namrud

Raja Namrud adalah penguasa lalim. Ia memang perkasa. Sehingga mengaku sebagai tuhan kepada warganya. Penguasa tanah Shinar (sekarang wilayahnya menjadi Irak dan Iran) itu ingin membunuh Nabi Ibrahim AS. Lantaran Ibrahim menolak klaimnya sebagai Tuhan.

Kategori :