Ganda Campuran Mathias Christian Mundur dari Olimpiade Paris 2024, Ini Penyebabnya

Rabu 17-07-2024,20:04 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Bintang ganda campuran Denmark Mathias Christiansen memutuskan mundur dari Olimpiade Paris 2024. Penyebabnya, ia secara tidak sengaja melakukan kesalahan administratif. Yang berpotensi jadi masalah di Paris nanti.

Di ganda campuran, Mathias Christiansen berpasangan dengan Alexandra Boje. Mereka berada di peringkat 11 dunia. Dan cukup disegani di berbagai turnamen BWF Tour. Tentunya, Christiansen sangat menyesal. 

Ngomong-ngomong, apa yang mendorong pemain 30 tahun itu mundur dari Olimpiade Paris?

BACA JUGA:PBSI Protes Hasil Undian Jonatan Christie, BWF Janji Evaluasi Drawing dan Jadwal Tanding

Dalam pernyataan resmi yang dirilis Badminton Europe, Mathias Christiansen rupanya gagal mendaftarkan keberadaannya (whereabouts) ke ADO (Organisasi Anti-Doping internasional).


GANDA campuran Denmark Mathias Christiansen mundur dari Olimpiade Paris 2024. Foto: Christiansen dan Alexandra Boje bertanding di Sudirman Cup 2023.-Wang Zhao-AFP

Selama 3 bulan sebelum Olimpiade, atlet yang lolos ke memang diharuskan melaporkan keberadaan mereka setiap hari. Agar personel ADO bisa melakukan tes doping secara acak.

Jika tidak melaporkan keberadaannya, apalagi lebih dari sekali, atlet bisa dicurigai menggunakan doping. Nah, Christiansen gagal melaporkan keberadaannya sebanyak tiga kali! Sehingga berisiko terkena penalti.

BACA JUGA:Hasil Undian Keluar, Fajar/Rian Harus Waspadai Duo India di Olimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Tim Bulu Tangkis Berangkat ke Prancis, Ini Pesan Fadil Imran untuk Atlet Olimpiade

Bagi Mathias Christiansen, keputusan mundur merupakan hal yang sulit namun tidak bisa dihindari.

"Saya sangat terpukul karena kelalaian dan kecerobohan saya, sehingga kami harus melewatkan apa yang seharusnya menjadi salah satu momentum penting dalam karier kami," tutur Mathias Christiansen.

"Saya sangat terpukul, karena itu juga berarti Alexandra (Boje) tidak bisa berangkat ke Olimpiade Paris 2024," ia melanjutkan. "Kami berdua telah berlatih secara intensif dan sangat menantikan untuk berkompetisi di Paris," tambahnya sedih.


GANDA campuran Denmark Mathias Christiansen mundur dari Olimpiade Paris 2024. Foto: petugas ADO melakukan sidak di sebuah pertandingan di Austria. -Sports Integrity-

"Saya tidak ingin mengambil risiko bahwa keikutsertaan saya di Olimpiade menimbulkan keributan yang tidak perlu. Yang juga dapat mengganggu rekan-rekan baik kita di tim nasional dan atlet Olimpiade lainnya. Karena itu saya memilih mundur," jelasnya.

Kategori :