OP Banget! 5 Hal tentang Dr Doom, Villain Avengers yang Diperankan Robert Downey Jr

Minggu 28-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Robert Downey Jr sudah dipastikan bakal memerankan Dr Doom dalam dua film Avengers. Yakni Avengers: Doomsday dan Avengers: Secret War.

Kedua film itu akan dirilis pada 2026 dan 2027, dan bakal menjadi penutup Marvel Cinematic Universe (MCU) Phase 4-6. Perang antar superhero dan villain terbesar MCU itu digadang-gadang bakal sehebat dan seakbar Avengers: Infinity War dan Endgame.

Dr Doom akan menjadi villain utama dalam dua film tersebut. Penjahat dari komik Fantastic Four itu menggantikan Kang the Conqueror. Yang aktornya, Jonathan Majors, tersandung kasus pelecehan dan KDRT terhadap mantan pacarnya.

BACA JUGA:Surprise! Robert Downey Comeback ke MCU Jadi Dr Doom, Ini Katanya

Siapa Dr Doom dan seberapa mengerikan ia? Berikut 5 fakta tentang Dr Doom, yang karakternya bakal dibawakan oleh mantan Iron Man, Robert Downey Jr.

1. Penciptaan


ROBERT Downey Jr kembali ke MCU jadi Dr Doom dalam Avengers: Doomsday pada 2026. Foto: Robert Downey diperkenalkan di SDCC, 28 Juli 2024. -Matt Winkelmeyer-AFP

Dr Doom diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby sebagai musuh Fantastic Four. Pada 1960-an, ketika komik tersebut mulai laris, Lee dan Kirby memimpikan "penjahat baru yang menggetarkan jiwa... yang super sensasional" untuk serial tersebut.

Setelah mencari nama, Lee menyebut Doctor Doom sebagai villain yang begitu mahir dalam kesederhanaannya. Berpenampilan biasa-biasa saja, tapi menyimpan ancaman yang begitu besar buat alam semesta.

"Dr Doom adalah konsep klasik tentang Kematian, tentang Kematian yang mendekat," kata Jack Kirby dalam wawancara pada 1987.  "Saya melihat Dr. Doom sebagai pria bertopeng besi yang menyimbolkan Kematian yang mendekat," tegasnya.

BACA JUGA:Sinopsis Deadpool & Wolverine, Film yang Bakal Ubah Sejarah MCU

BACA JUGA:Trailer Deadpool and Wolverine Dirilis, si Cerewet Langsung Bully MCU

Itulah alasan kenapa tokoh tersebut mengenakan baju besi dan tudung.

"Kematian dihubungkan dengan baju besi dan baja yang tidak manusiawi. Kematian adalah sesuatu yang tanpa belas kasihan, dan wajah manusia mengandung unsur belas kasihan itu. Dr Doom tak boleh punya wajah, maka kami membuatnya memakai topeng," paparnya.

Dr Doom kali pertama nongol dalam komik Fantstic Four pada Juli 1962. Karena terburu-buru diterbitkan, karakter tersebut tidak mendapatkan latar belakang yang lengkap. Ia baru mendapatkan kisah origins pada Fantastic Four Annual #2 pada 1964.

Kategori :