Infrastruktur IKN untuk Upacara 17 Agustus Sudah Siap kecuali Bandara

Kamis 01-08-2024,10:49 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

Menurut Basuki, progres pembangunan Istana Garuda yang menjadi kantor presiden sudah mencapai 99 persen saat ini. Tahap akhir yang sedang dilakukan adalah pemasangan furnitur dan berbagai kelengkapan lainnya.


Jokowi Pamerkan Ruang Kerja dan Kamar Tidur di Istana Garuda IKN-Setpres-

3. Kantor Kementerian Koordinator

Terdapat empat kantor kementerian koordinator yang masing-masing terdiri dari empat tower, sehingga total ada 16 tower. Progres pembangunan kantor-kantor ini sudah mencapai lebih dari 80 persen dan diharapkan selesai pada bulan September.

"Namun, untuk persiapan 17 Agustus, sudah ada tujuh tower yang siap digunakan, lengkap dengan listrik, air, toilet, dan fasilitas lainnya," jelasnya.

4. Plaza Seremoni

Lokasi ini berada di depan kantor kementerian koordinator dan akan difungsikan sebagai area seremonial bagi masyarakat yang hadir.

Plaza Seremoni dapat menampung hingga 4.000 orang undangan dan panitia pendukung. Selain itu, akan ada forest trail, toilet umum, galeri, dan area UMKM yang siap melayani para tamu.

"Bapak Presiden  juga meminta agar ada pertunjukan kesenian di Plaza Seremoni. Sementara untuk upacara renungan suci, akan diselenggarakan di Taman Kusuma Bangsa di Beranda Nusantara," ungkap Basuki.

Fasilitas Hunian

1. Perumahan ASN

Hunian ASN sudah siap 100 persen dengan minimal delapan tower yang sudah siap digunakan. Pada tanggal 17 Agustus nanti, akan ada 14 tower yang siap dihuni. Setiap tower terdiri dari 60 hunian dengan masing-masing hunian memiliki tiga kamar. 

2. Rumah Jabatan Menteri

Sebanyak 14 dari 34 rumah jabatan menteri sudah siap digunakan. Setiap rumah sudah dilengkapi dengan furnitur lengkap. Pengaturan pemanfaatan rumah-rumah ini akan diatur oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Fasilitas Umum

1. Air Minum

Kategori :