Meningkatnya Kasus Mpox, Akankah Jadi Pandemi seperti Covid 19?

Selasa 06-08-2024,16:01 WIB
Reporter : Rida Khumaida Nabila*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Penyakit Monkey Mpox atau Mpox kembali menjadi sorotan dunia. Penyakit itu dikenal masyarakat sebagai cacar monyet. Di beberapa negara, virus Monkeypox Clade I menjadi penyebab wabah. Mpox Clade I itu disebut lebih ganas dari wabah Mpox sebelumnya. 

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan bahwa gejala Mpox dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, pada beberapa individu, infeksi akibat penyakit itu dapat mengakibatkan komplikasi medis yang serius. Bahkan menyebabkan kematian.

Bayi yang baru lahir, anak-anak, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berisiko lebih tinggi mengalami gejala yang lebih parah hingga kematian akibat Mpox.

BACA JUGA:Indonesia Wajib Waspada! Cacar Monyet Telah Jadi Epidemi, Menular Lewat Hubungan Seks Bebas


Meningkatnya Kasus Mpox, Akankah Jadi Pandemi seperti Covid 19? Cacar monyet sebagian besar ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terjangkit virus tersebut.-freepik-freepik.com

Virus Mpox dapat menular melalui hewan yang terinfeksi. Terutama monyet dan hewan pengerat. Selain itu, cacar monyet sebagian besar ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang sudah terjangkit virus tersebut. 

Pertimbangan mengenai kedaruratan Mpox telah menjadi pertimbangan WHO. Peningkatan kasus yang signifikan di beberapa negara membuat Mpox bisa kembali dikategorikan sebagai PHEIC (Public Health Emergency of International Concern). Seperti wabah Mpox sebelumnya.

Kembali mewabahnya kasus Mpox serta akibat fatal yang ditimbulkan dari penyakit tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat di Indonesia. 

BACA JUGA:Kasus Cacar Monyet Semakin Bertambah, Kini 24 Kasus

Menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah mencari solusi tepat guna mencegah Mpox mewabah di dalam negeri. Menutup akses masuk dari negara-negara yang terjangkit menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyebarannya.

Namun, meniti kembali kasus Covid 19 silam, menutup perbatasan bukanlah solusi yang efektif untuk mencegah virus Mpox.

Selain itu, kasus Mpox sudah tercatat masuk ke Indonesia. Sehingga penyebabnya tidak hanya berasal dari luar negeri. Bisa saja warga Indonesia yang sudah terjangkit sebelumnya menularkan dari orang lain. 

BACA JUGA:Virus Cacar Monyet Menyebar di Jakarta, Berikut 9 Cara Pencegahannya Menurut Ahli  


Meningkatnya Kasus Mpox, Akankah Jadi Pandemi seperti Covid 19? Solusi paling efektif untuk mencegah penyebaran Mpox di Indonesia adalah memperkuat sistem pengendalian di dalam negeri.-Freepik-freepik.com

“Jadi yang utama adalah siapkan sistem kesehatan di dalam negeri,” ungkap Profesor Tjandra Yoga Aditama, ahli Pulmonologi & Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Kategori :