Industri Otomotif di Tiongkok: Pilihan Melimpah, Konsumen Bingung

Selasa 06-08-2024,19:11 WIB
Reporter : Doan Widhiandono
Editor : Noor Arief Prasetyo

BACA JUGA:Jackie Chan Jadi Muda Berkat AI di Film A Legend, Tuai Hujatan di Tiongkok

BACA JUGA:Wajah Kebangkitan Industri Game, Tiongkok Gelar ChinaJoy di Shanghai

Dia mengatakan bahwa keraguan calon pembeli mobil ini memberikan tekanan pada layanan penjualan. Artinya, diler mobil-mobil bensin perlu dengan cepat menarik minat konsumen. Yang harus digarisbawahi adalah manfaat produk dan layanan.

Studi tersebut juga menemukan bahwa proporsi terbesar pembeli mobil baru adalah mereka yang lahir setelah 1995. Dan orang-orang di rentang usia itu sangat menghargai respons cepat penjual.

Kepuasan mereka secara keseluruhan dapat mencapai 825 dari skala 1.000 ketika dealer menghubungi mereka dalam satu jam setelah meninggalkan informasi kontak mereka. Angka tersebut turun menjadi 792 jika diler merespons lebih dari tiga jam setelah kontak pertama.


MOBIL LISTRIK Leapmotor C10 dipajang di kantor diler tersebut di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Mobil milik produsen startup Leapmotor itu adalah hasil kerja sama dengan pabrikan Eropa Stellantis.-AGENCE FRANCE-PRESSE-

Konsumen muda itu lebih menginginkan efisiensi saat kunjungan ke diler. Sambutan cepat setelah konsumen memasuki toko dan selama test drive bisa meningkatkan kepuasan.

Juga, perwakilan penjualan disarankan untuk menunjukkan keramahan mereka. Kalau kurang ramah, kepuasan konsumen berkurang. Terutama di kalangan generasi muda.

Temuan menarik lainnya adalah bahwa saluran online yang menarik membantu meningkatkan loyalitas merek. Studi J.D. Power mengungkapkan bahwa 35,6 persen dari mereka yang masuk ke aplikasi merek beberapa kali sehari mengatakan bahwa mereka akan membeli lagi dari diler yang sama.

BACA JUGA:Rayakan Hubungan Diplomatik, Tiongkok dan Prancis Gelar Pameran Mode di Hongkong

BACA JUGA:Hangluo, Sutra Cantik Tiongkok yang Lestari, Bertahan dari Zaman ke Zaman

Dalam studi kali ini, skor kepuasan penjualan keseluruhan meningkat menjadi 761. Naik enam poin dari 2023. 

Merek-merek Tiongkok pun mengalami peningkatan terbesar. Skor kepuasan penjualan keseluruhan mereka adalah 758 tahun ini. Naik dari 743 pada 2023. Merek Jepang (764) telah mengungguli merek Jerman (762) dalam hal kepuasan. Sementara itu, merek Amerika, dengan 758 poin, telah turun di bawah rata-rata industri untuk kali pertama. (*)

 

Kategori :