Warga Kampung Majapahit Bejijong Rayakan HUT Ke-79 RI Dengan Pertunjukan Seni

Sabtu 17-08-2024,21:45 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Warga Kampung Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto merayakan HUT Ke-79 RI dengan berbagai pertunjukan seni pada Sabtu malam, 17 Agustus 2024. 

Pertunjukan seni tersebut digelar di Sanggar Bhagaskara, Desa Bejijong menghadirkan berbagai atraksi dan kesenian. 

Adapun yang membawakan beragam kesenian tersebut adalah siswa-siswi mulai dari SD, MI, SMP, dan MTs dari berbagai sekolah di Mojokerto dan Jombang. 

BACA JUGA:Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus: Sejarah, Makna Peringatan, Logo dan Tema HUT RI ke-79

Total ada 23 kesenian yang ditampilkan. Mulai dari tarian tradisional, karawitan, silat, pantomim, drama teater hingga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia. 

Ketua Sanggar Bhagaskara Supriyadi mengungkapkan bahwa malam pertunjukan kesenian tersebut memang diadakan untuk menampilkan bakat-bakat seni dari siswa-siswi SMP. 

"Memang dikhususkan untuk generasi Z dan Alpha agar kelak mereka tidak jadi generasi yang confuse (kebingungan,Red) karena tidak punya jati diri," kata Supriyadi.

BACA JUGA:Kreatif! OJK Jatim dan Indah Kurnia Sisipkan Edukasi Pinjol di Karnaval HUT RI ke-79 Balasklumprik Surabaya 

Selain itu, pertunjukan senin ini dimaksudkan untuk memelihari spirit kebudayaan yang terinspirasi dari Majapahit. Dimana Sanggar Bhagaskara berdiri di tengah-tengah bekas Ibukota Majapahit di Trowulan. 

"Ini penting agar adik-adik generasi Z dan Alpha ini tidak melupakan sejarah mereka. Ketika zaman kita sudah selesai, mereka yang akan meneruskan," jelasnya.

Menanamkan jiwa seni kata Supriyadi bisa dimulai sejak dini. Momen tampilnya seorang anak dalam sebuah pertunjukan akan dikenang sampai dia dewasa. 

BACA JUGA:Wapres Sematkan Lencana Melati Pramuka kepada Arum Sabil

"Saya mencintai budaya sampai saat ini karena dulu juga terkenang saya tampil di pentas membawakan lagu," tuturnya. 

Malam pertunjukan tersebut diakhiri dengan pemutaran film-film perjuangan untuk mengenang upaya merebut kemerdekaan.(*)

 

Kategori :