Investigasi Pencatutan KTP Dihentikan Polisi, Dharma-Kun Lolos Ke Pilgub Jakarta 2024

Selasa 20-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Navara Darisya Salma*)
Editor : Taufiqur Rahman

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta resmi meloloskan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta melalui jalur perseorangan atau independen di tengah isu dugaan pencatutan KTP warga Jakarta sebagai pendukungnya.

"Pukul 23.25 WIB (Senin, 19 Agustus 2024,Red) kami menetapkan keputusan KPU DKI tentang penetapan bakal calon perseorangan yang memenuhi syarat dukungan minimal dan sebaran," ungkap Ketua KPU Jakarta Wahyu Dinata

BACA JUGA:Jadi Satu-Satunya Partai yang Tak Dukung Ridwan Kamil - Suswono, PDIP: Pilkada Jakarta is Not For Sale .

KPU telah menggelar rapat pleno untuk menetapkan Dharma-Kun sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024 sejak pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, terdapat 650 aduan warga yang mengaku NIK-nya dicatut sebagai pendukung Dharma-Kun. Dari jumlah tersebut akhirnya sebanyak 403 dukungan dihapus karena tidak memenuhi syarat (TMS).

BACA JUGA:PKS, PKB, Nasdem Gabung KIM Plus, Dukung Ridwan Kamil - Suswono Pilgub Jakarta 2024

"Kami kurangi 403 dukungan, karena memang tidak memenuhi syarat. Jadi kini total dukungan kepada pasangan calon perseorangan yaitu 677.065 dari sebelumnya 677.468," jelas Wahyu.

Penyelidikan kasus pencatutan KTP yang dilakukan oleh Dharma-Kun juga telah dihentikan oleh Polda Metro Jaya pada Senin, 19 Agustus 2024. 

BACA JUGA:12 Partai Politik Resmi Usung Ridwan Kamil - Suwono di Pilgub Jakarta 2024

Wahyu menyatakan bahwa pihaknya telah memberikan surat keputusan (SK) penetapan untuk Dharma-Kun maju bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Jakarta 2024.

Dengan demikian, Dharma-Kun akan melawan rivalnya Ridwan Kamil-Suswono dalam kontestasi Pilgub Jakarta 2024 mendatang. Ridwan Kamil-Suswono dipastikan tidak melawan kotak kosong.

BACA JUGA:NasDem Resmi Usung Ahmad Luthfi-Kaesang Pangarep di Pilgub Jateng 2024

Ridwan Kamil menyebut Dharma Pongrekun sebagai rival yang tidak bisa disepelekan. Menurutnya, Dharma adalah calon gubernur Jakarta yang layak dan bukan sekadar calon boneka.

"Pak Dharma itu bintang tiga loh, jenderal polisi bukan kaleng-kaleng, lawannya luar biasa," ungkap Ridwan Kamil.

 

Kategori :