Setelah Selebriti dan Komika, Ekonom Tom Lembong Ikut Orasi di Depan Gedung DPR: Kehadiran Saya Tidak Mewakili Kubu Manapun!

Kamis 22-08-2024,16:54 WIB
Reporter : Vrisca Sheilla*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Saat mengikuti aksi demo di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang berlokasi di Senayan, Jakarta pada Kamis, 22 Agustus 2024, ekonom kondang Thomas Trikasih Lembong menjelaskan bahwa kedatangannya tidak mewakili kubu politik manapun dalam dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu.

Pria yang kerap disapa Tom Lembong itu sebelumnya memang diketahui merupakan salah satu tim pemenangan paslon nomor urut 01, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Akan tetapi, dalam kesempatan kali ini, ia menegaskan bahwa kedatangannya hanya mewakili dirinya sendiri beserta keluarganya saja.

“Saya ikut mewakili keluarga istri anak saya,” ujar pria kelahiran Jakarta tersebut.

Menurut Tom, alasan di balik kehadirannya yang mewakili keluarganya sendiri, termasuk kehadiran para demonstran dalam aksi demo tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran keluarga atau para pendahulu rakyat Indonesia.


Deretan artis yang ikut aksi demo di DPR, ada Reza Rahadian hingga Bintang Emon. Foto: Bintang Emon menyuarakan pendapatnya di depan Gedung DPR pada 22 Agustus 2024. -Tangkapan Layar-Metro TV

“Orang tua kita semua berdiri di tempat yang sama, pada saat yang sama, 79 tahun yang lalu, dan di momen-momen kritis di mana Republik kita dipertaruhkan,” tutur eks Menteri Perdagangan Indonesia Tahun 2016-2019 tersebut.

BACA JUGA:Reza Rahardian Ikut Demo di Depan Gedung DPR: Anda-Anda Ini Wakil Siapa?

Dengan mengenakan polo bergaris yang didominasi warna abu-abu dan putih, Tom mengatakan bahwa aksi demo ini dipersembahkan bagi masa depan seluruh rakyat Indonesia, termasuk generasi-generasi yang akan datang.

Sebagai seorang peneliti sejarah, Tom mengatakan kalau tanda-tanda menuju kesengsaraan adalah ketika suatu lembaga penegak demokrasi di negara demokrasi itu mulai dihilangkan wibawanya.

Dengan begitu, maka lambat laun, kebebasan dalam berkehidupan maupun dalam berkarya akan hilang. Ia juga mengingatkan terkait pentingnya menjaga alam sekitar yang merupakan anugerah yang sudah dititipkan Tuhan YME kepada umat manusia.

Sebelum mengakhiri orasinya, Tom berpesan kepada para demonstran yang hadir agar tetap menjaga ketertiban. Ia setuju bahwa masyarakat boleh marah, namun harus tetap mengontrol emosi tersebut sehingga tetap berada dalam koridor yang bertujuan menegakkan konstitusi.


Deretan artis yang ikut aksi demo di DPR, ada Reza Rahadian hingga Bintang Emon. --X @tanyakanrl

“Mari kita tunjukkan, teman-teman, ibu bapak bahwa kita adalah kalangan yang beradab,” ucap pria jebolan Harvard University tersebut.

BACA JUGA:RUU Pilkada Disahkan Hari Ini, PDIP Pilih Mengacu Putusan MK untuk Usung Cakada

Selain Tom Lembong, sejumlah bintang papan atas maupun aktivis lainnya juga turut meramaikan aksi demo bersama masyarakat dan mahasiswa ini. Ada Reza Rahardian, Bintang Emon, Arie Kriting, Mamat Alkatiri, serta Ferry Irwandi.

Kategori :