Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Kaulon Sukseskan Karnaval HUT RI ke-79

Kamis 05-09-2024,14:47 WIB
Reporter : Tri Septi Hari Nikita*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Desa Kaulon, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79 dengan menyelenggarakan karnaval. Diselenggarakan pada Jumat, 30 Agustus 2024, acara itu disambut antusias oleh warga.

Karnaval Desa Kaulon mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema tersebut tidak hanya menjadi konsep acara, tetapi juga menjadi simbol perubahan dan kemajuan yang sedang terjadi di Indonesia.

Acara itu juga menjadi bukti nyata kolaborasi erat antara tiga pilar Desa Kaulon. Babinsa dan Bhabinkamtibmas bertugas menjaga keamanan dan izin masyarakat. Suasana ceria terpancar dari wajah-wajah warga yang ikut serta dalam karnaval.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024, Anjangsana Legiun Veteran Republik Indonesia oleh Tiga Pilar Plus Kelurahan Bendo, Blitar

Para peserta dengan semangat menampilkan berbagai kreasi dan atraksi yang menarik perhatian. Mereka mengenakan kostum yang beragam. Mulai dari kostum tradisional hingga kostum modern yang dihiasi dengan dekorasi yang cerah. Berbagai kendaraan hias juga menjadi daya tarik utama, dengan desain yang kreatif dan menarik.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme warga dalam memeriahkan HUT RI ke-79. Semoga melalui kegiatan ini, semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air semakin tumbuh di tengah masyarakat,” ujar Kepala Desa Kaulon Jais dalam sambutannya.

Selain dimeriahkan oleh masyarakat sekitar dan tiga pilar Desa Kaulon, para ketua RW dan ketua RT juga turut hadir dalam kegiatan itu. Kehadiran Ketua Pokdar Kamtibmas dan anggotanya juga semakin memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan selama acara berlangsung.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil 3 Desa yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Blitar

“Pemantauan tiga pilar bertujuan untuk menjamin keamanan dan kelancaran acara karnaval. Kami bekerja sama dengan Babinsa dan seluruh perangkat desa untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang mengikuti karnaval,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Kaulon Bripka Ahmad Baidowi.

Babinsa Desa Kaulon Roni Ajis Setiawan menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan. “Kerja sama yang baik antara warga, aparat keamanan, dan pemerintah sangat penting untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Acara itu menunjukkan semangat nasionalisme yang tinggi. Berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat telah dilakukan untuk memperkuat rasa kebangsaan dan solidaritas.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sambang Desa dan Penjurian di Kabupaten Blitar

Peringatan HUT RI tersebut bukan hanya tentang merayakan kebebasan. Tetapi juga merenungkan perjuangan para pahlawan dan berkomitmen untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.

Pun, bukan hanya sekadar upacara resmi. Tetapi juga momentum untuk membangun semangat nasionalisme dan persatuan di tengah-tengah masyarakat. Melalui karnaval tersebut, Desa Kaulon diharapkan tidak hanya merayakan masa kini. Tetapi juga merencanakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh warganya

Kategori :