Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pelestarian Ngumbul Tirta oleh Warga

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pelestarian Ngumbul Tirta oleh Warga

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pelestarian Ngumbul Tirta oleh Warga--

HARIAN DISWAY - Sumber Air Ngumbul Tirta merupakan sebuah sumber air yang berada pada kawasan Perhutani dan masuk pada HPD Besuki, desa tetangga Desa Wonocoyo. Namun, karena letaknya yang berada di lereng Dukuh Tumpakwareng, maka Sumber air itu dimanfaatkan oleh warga duku tersebut.

Tumpakwareng merupakan bagian dari dusun Bendogolor Desa Wonocoyo. Desa itu terletak di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.


Warga Dusun Tumpak Wareng bersama-sama melestarikan sumber air Ngumbul Tirta.--

Sumber air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan sumber air bersih dari 23 Kartu Keluarga (KK). Ngumbul Tirta bukan hanya menjadi sumber air utama bagi 23 KK tersebut, tetapi juga memiliki manfaat yang lebih luas.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Fasilitasi Pupuk Bersubsidi untuk Petani, Kunci Ketahanan Pangan Desa Wonocoyo

Air dari sumber itu digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Seperti konsumsi air bersih, pertanian, dan kegiatan lainnya. Kondisi kemarau panjang yang sering menghampiri daerah itu juga membuat sumber air tersebut semakin penting untuk menjaga kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Maka, menjaga sumber air menjadi keniscayaan bagi masyarakat Tumpakwareng. Tiga Pilar desa juga menyadari betul akan situasi tersebut. 


Penanaman bibit tanaman lindung oleh warga Tumpak Wareng untuk melestarikan sumber air Ngumbul Tirta--

Hampir setiap tahun, terdapat pengadaan bibit tanaman lindung. Hal tersebut bertujuan untuk menambah area tutupan sumber yang dapat menjaga keberlangsungan sumber air.

Penanaman itu tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Tumpak Wareng, tetapi juga melibatkan berbagai pihak lain. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Upaya Mediasi Tiga Pilar Desa Wonocoyo kepada Salah Satu Warga

Selain itu, giat perawatan juga dilakukan secara terus-menerus. Mulai dari menyiangi semak sekitar pohon, memupuk, pemberantasan hama, dan memasang papan pengumuman tentang larangan merusak tanaman di area sumber air.

Tiga Pilar secara rutin mengajak masyarakat dan perangkat desa untuk melakukan perawatan tanaman. Giat merawat itu lebih susah dilakukan jika dibandingkan dengan giat penanaman. Maka, dibutuhkan ketekunan yang terus menerus.


Tiga pilar Dusun Wonocoyo bersama masyarakat sekitar menjaga kelestarian sumber air Ngumbul Tirta.--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: