Yamaha MotoGP 'Ikat' Miguel Oliveira hingga 2026, Pembalap yang juga Dokter Gigi

Kamis 05-09-2024,21:51 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Akhirnya, Yamaha Motor Co., Ltd resmi mengumumkan penandatanganan kontrak dengan pembalap Miguel Oliveira.

Bintang MotoGP asal Portugal tersebut akan membalap untuk tim satelit Yamaha-Prima Pramac Racing, dengan kontrak hingga 2026. Penggemar grup band Coldplay ini telah resmi bergabung.

Siapa sangka, Miguel Oliveira juga seorang dokter gigi. Sejak 2017, ia mengambil kuliah jurusan kedokteran gigi dan membuka praktik pada 2019.

Pengumuman dari Yamaha MotoGP ini disampaikan secara resmi dari sirkuit Misano Adriatico, Italia, pada 5 September 2024.

Miguel Oliveira saat ini memasuki tahun keenamnya di kelas “para Raja” MotoGP, dan sudah 14 tahun berada di paddock.

BACA JUGA:Karir Balap Augusto Fernandez di MotoGP 2025 Masih Tanda Tanya

BACA JUGA:Michelin Perkenalkan Ban Khusus di GP Misano

Pembalap bernomor 88 ini sangat berpengalaman, dengan banyak prestasi di kelas premier maupun kelas-kelas di bawahnya.

Di antaranya, 17 kemenangan balapan (5x MotoGP, 6x Moto2, 6x Moto3) dan 41 podium (7x MotoGP, 21x Moto2, 13x Moto3), termasuk podium di Sprint MotoGP Sachsenring tahun ini.

Oliveira memulai karier balap di ajang Grand Prix pada 2011, turun di kelas 125cc dengan motor Aprilia di tim Andalucia Banca Civica. Namun, tidak ada podium yang didapat selama 11 balapan.

Setahun kemudian, kelas 125cc bertransformasi menjadi Moto3. Oliveira beralih ke Suter Honda di tim Estrella Galicia dan berhasil meraih dua podium dari 17 balapan.

Performa Oliveira di kelas Moto3 semakin meningkat pada 2015 saat ia menggunakan motor KTM di tim Red Bull KTM Ajo. Kemenangan Grand Prix pertamanya diraih di Italia. Secara keseluruhan, ia memenangkan enam seri pada musim itu.

BACA JUGA:Honda Motogp, pastikan Stefan Bradl Sebagai Wildcard di GP Misano

BACA JUGA:Strategi Stop-and-Go di Misano: Rossi Ungkap Rahasia Lintasan

Pada 2017, Oliveira naik ke Moto2. Dalam tiga seri terakhir, ia memenangkan seri bersama KTM di Austria, Malaysia, dan Valencia.

Kategori :