Menu Nusantara untuk Jamaah Haji 2024 Disusun Tim Ahli Gizi, Ini Daftar Lengkapnya!

Selasa 17-09-2024,15:46 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Kementerian Agama (Kemenag) telah menyajikan berbagai menu Nusantara dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri (Diryanlu) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Subhan Cholid mengatakan, penyusunan menu Nusantara itu juga mempertimbangkan kebutuhan nutrisi dan ketersediaan bahan baku makanan di Arab Saudi.

"Tentunya, kami belum bisa memenuhi selera 213 ribu lebih lidah jemaah. Tetapi, menu yang disiapkan sudah sesuai dengan kebutuhan nutrisi jemaah haji," ujar Diryanlu Subhan Cholid di Jakarta, Selasa, 17 September 2024.


Menu Nusantara untuk jamaah haji 2024 disusun oleh para ahli gizi.-Henri/MCH2024-

Semua menu yang disiapkan itu juga disusun oleh ahli gizi dari berbagai lembaga-lembaga yang kredibel. Mulai dari Sekolah Tinggi Pariwisata, Kementerian Kesehatan, menyusun menu itu. 

BACA JUGA:Menag Yaqut Temui Menteri Haji Arab Saudi di Jeddah, Bahas Kuota dan Jadwal Haji Tahun Depan

BACA JUGA:Polemik Haji 2024: Menag Komitmen Akan Tindak Lanjuti Anggota yang Bersalah

“Kemudian disesuaikan dengan ketersediaan bahan baku di pasar Arab Saudi sehingga menu-menu itu tentu sudah melalui pertimbangan yang sangat matang," ungkap Subhan.

Berdasarkan catatan Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri, menu Nusantara yang disajikan selama di Makkah dan Madinah di antaranya orek tempe cabe hijau, telur dadar, semur ayam, sambal goreng kentang, keripik kentang mustofa, tumis timun wortel, ikan patin balado, terong balado, rendang daging, dan opor ayam.

Menu khas Nusantara juga disajikan kepada jamaah saat masa puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

Misalnya, rendang ayam, telur orak arik daging cincang, ikan patin bumbu kuning, dan daging sapi bumbu tongseng.

BACA JUGA:Menebak Arah Pansus Haji

BACA JUGA:Laporan Haji 2024 (37): Ahmad Mudyaddad Harom, WNI Penerjemah Khotbah Arafah saat Wukuf

Ia menambahkan, selama di Arab Saudi jemaah haji mendapatkan konsumsi sebanyak tiga kali sehari.

Setiap jamaah mendapatkan kurang lebih 127 kali makan. Artinya, total sudah disediakan lebih dari 27 paket konsumsi untuk 213.320 jamaah selama di Arab Saudi.

Kategori :