Buku Cone of Shame, Tampilkan Anjing dengan Penyangga Leher Artistik

Sabtu 21-09-2024,17:53 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Seekor anjing Golden Retriever bernama Elaine Benes milik Ana Calderone, menjadi salah satu dari 60 anjing yang tampil dalam buku baru berjudul Cone of Shame.

Buku itu menampilkan anjing-anjing lucu yang mengenakan penyangga leher pasca-operasi yang dihias dengan penuh warna. Fotonya dirilis oleh fotografer Winnie Au dan desainer Marie-Yan Morvan.

Dalam buku itu, Au dan Morvan berkolaborasi untuk mengubah citra kerah anjing pasca-operasi, yang sering disebut sebagai cone of shame, menjadi karya seni yang memikat.

BACA JUGA:Korsel Tebar Anjing Pelacak Tangkal Kutu Busuk dari Olimpiade Prancis 2024

 


Buku Cone of Shame, Tampilkan Anjing dengan Penyangga Leher Artistik. Elaine, anjing golden retriever yang jadi model dalam buku Cone of Shame.-Winnie Au-people.com

Fotografer berusia 42 tahun tersebut mengabadikan momen-momen unik dari para anjing dengan penyangga leher yang telah didesain ulang secara artistik.

Elaine, Golden Retriever berusia tiga tahun yang tinggal di Brooklyn Heights, New York, AS, bersama Ana Calderone dan suaminya, John, berhasil mencuri perhatian sebagai salah satu model yang paling disukai.

Calderone pertama kali bertemu dengan Au pada sesi pemotretan untuk majalah PEOPLE pada tahun 2019.

BACA JUGA:Mengenal Cynopobia, Fobia Terhadap Anjing Seperti di Drakor A Good Day to be A Dog

Ketika Au mengumumkan pencarian anjing-anjing untuk proyek bukunya melalui Instagram, Calderone langsung mendaftarkan Elaine.

“Saya tahu Elaine akan sangat cocok di depan kamera. Dia sangat populer di lingkungan kami, dan saya tidak ragu bahwa dia akan memukau semua orang di lokasi syuting,” ujar Calderone.

Pada Maret 2023, Calderone membawa Elaine ke studio di Williamsburg untuk sesi pemotretan.

BACA JUGA:Anjing Robot Makin Tren di Tiongkok

Anjing Golden Retriever itu langsung menunjukkan pesonanya dengan "bernyanyi". Dia mengeluarkan lolongan kecil setiap kali merasa gembira.

Elaine juga sempat memamerkan bola kesukaannya kepada seluruh kru, sebelum akhirnya tersenyum lebar di depan kamera.

Meskipun Elaine terkenal karena sifatnya yang ramah dan mudah beradaptasi, satu kelemahan kecilnya adalah mudah merasa panas.

BACA JUGA:Asian Games 2022 Jadi Pertunjukan Teknologi, Ada Robot Penangkap Nyamuk sampai Anjing Pemain Piano


Buku Cone of Shame, Tampilkan Anjing dengan Penyangga Leher Artistik. Salah satu anjing yang jadi model dalam buku Cone of Shame.-Winnie Au-people.com

Ketika Calderone melihat penyangga leher yang dirancang khusus untuk Elaine terbuat dari benang wol, ia sempat khawatir.

Namun, meski Elaine terlihat terengah-engah karena panas, penyangga leher tersebut justru membuat fotonya semakin menggemaskan, dengan pose-pose yang tampak seperti sedang tersenyum lebar.

Fotografer Winnie Au memastikan sesi berjalan lancar dengan menyediakan banyak camilan untuk Elaine.

BACA JUGA:Pawjoeang 2023, Lomba untuk Anjing dengan Total Hadiah sampai 25 Juta

"Dia memakan camilan dan langsung menutup mulutnya cukup lama. Kami pun bisa mendapatkan bidikan yang sempurna," kenang Calderone.

Buku Cone of Shame tidak hanya menampilkan foto-foto anjing yang menggemaskan. Tetapi juga memiliki tujuan mulia.

Sebagian hasil penjualan buku akan disumbangkan kepada Animal Haven's Recovery Road Fund, lembaga yang membantu hewan-hewan tunawisma mendapatkan perawatan medis yang sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:Tip Atasi Masalah Obesitas pada Hewan Peliharaan

Elaine, yang sebelumnya hanya pernah mengenakan kerah sekali setelah menjalani operasi sterilisasi, mungkin tidak ingin kembali mengenakan kerah tersebut dalam waktu dekat.

Namun, melalui proyek itu, kerah yang biasanya hanya dilihat sebagai alat medis, kini berubah menjadi produk seni.

Buku Cone of Shame kini tersedia di pasaran. Dengan membelinya, pecinta anjing tidak hanya mendapatkan buku untuk dibaca. Tetapi juga turut berkontribusi pada kesejahteraan hewan. (Guruh Dimas Nugraha)

Kategori :