SBY Pamit ke Jokowi, Mau Jadi Penasihat Khusus Malaria di New York

Sabtu 21-09-2024,22:06 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna coklat dan tiba sekitar pukul 10.53 WIB. 

​​Dalam pertemuan tersebut, SBY menyampaikan kepada Jokowi terkait penugasannya sebagai penasihat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria. “Saya mendapatkan amanah untuk menjadi special advisor di Asia Pasifik,” ucap SBY dalam keterangannya usai pertemuan dengan Jokowi.

SBY menjelaskan komitmen Indonesia dalam menurunkan angka penyakit malaria. Dalam pertemuan tersebut, SBY pun pamit kepada Jokowi untuk menghadiri forum aliansi malaria sedunia atau Asia Pacific Leaders Malaria Alliance (APLMA) di New York.

BACA JUGA:Usai Bertamu ke Prabowo, Kini SBY Bertemu Jokowi di Istana Merdeka

BACA JUGA:Usai Bertemu Prabowo, SBY Undang Sri Mulyani: Ada Rencana Gabung Kabinet Baru?

SBY pun menekankan pentingnya forum tersebut untuk segera membasmi malaria di dunia. Selain itu, penyakit malaria juga harus segera dibasmi, khususnya di sejumlah provinsi di Indonesia yang masih terdampak malaria. Seperti di Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Kalimantan Timur.

“Kita tidak ingin masih ada malaria yang belum bisa diatasi di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri utamanya,” tuturnya.

Seperti diketahui, pertemuan terakhir Presiden Jokowi dan SBY pada Oktober 2023 di Istana Bogor. Dalam sepakan terakhir, SBY juga sempat bertamu ke rumah presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Kamis, 19 September 2024.

BACA JUGA:Prabowo Makan Siang dan Ngopi Bareng SBY di Kertanegara

BACA JUGA:Megawati-SBY Diundang Upacara Kemerdekaan Bareng Jokowi-Prabowo di IKN

SBY dan Prabowo makan siang dan ngopi bareng. Tentu sambil berdiskusi selama satu jam. “Kita optimistis bersama-sama wujudkan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia,” lanjut Prabowo.

Usai pertemuan, Prabowo pun mengantarkan SBY ke kendaraan pribadinya dan saling bersalaman. Pada kesempatan itu hadir pula putra Prabowo, Didit Hediprasetyo, yang turut mengantarkan SBY. 

Selain Didit, Prabowo juga didampingi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono. SBY dalam beberapa kesempatan termasuk saat peringatan HUT Demokrat di Jakarta beberapa waktu lalu menyebut dirinya kerap berbincang-bincang dengan Prabowo.

“Saya kerap berbincang-bincang dengan presiden terpilih. Beliau punya idealisme, punya agenda yang jelas, punya sasaran yang juga menurut saya tepat,” kata SBY beberapa waktu lalu. (*)

Kategori :