Gempa Bumi kekuatan 6,4 Magnitudo guncang Gorontalo dan pembaruan informasi peringatan dini dari BMKG

Selasa 24-09-2024,10:46 WIB
Reporter : Roisatun Nadhiroh*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo M6,4 mengguncang wilayah Gorontalo pada Selasa 24 September 2024 sekitar pukul 02.00 WITA dini hari.

Menurut laporan BMKG, episenter gempa berada di laut 74 Km barat daya Kota Gorontalo.

Deputi Geofisika BMKG melaporkan gempa yang terjadi ini dikategorikan gempa yang menengah. Dan penyebabnya adalah aktivitas deformasi dalam lempeng sulawesi Utara. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan peta guncangan (shakemap) Kotamobagu, Kota Gorontalo, Bone Bolangi, Boalemo, Luwuk dan Bolaang Mongondow Selatan mengalami getaran skala III sampai IV Modified Mercalli Intensity (MMI) 

Sementara getaran dengan skala III MMI dirasakan di Gorontalo Utara, Buol dan Bolaang Mongondow Timur. Sementara getaran II hingga IV MMI dirasakan di Pohuwanto. 

BACA JUGA:Gempa Bumi M6,2 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

BACA JUGA:Waspada! BMKG Prediksi Sepekan ke Depan Akan Hujan, Berikut Daerah yang Terdampak

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi yang menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam Lempeng Sulawesi Utara dengan mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi memiliki mekansime pergerakan naik (thurst fault), kata Daryono kepala pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG. 

Dilansir dari X, BMKG memberikan perbaruan tentang peringatan dini cuaca wilayah Gorontalo, tanggal 24 September 2024 pukul 12.20 WITA masi berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang pada pukul 12.30 WITA di kabupaten Gorontalo : 

Limboto, Telaga biru, Asparaga, Kabupaten Boalemo : Mananggu, Botumoita, Kabupaten Bone Bolango : Bone, Bone raya Suwawa Timur, Bulawa, Pinogu, Kabupaten Pohuwato: Taluduti, Dengilo, Buntulia, Papayato Barat, Kabupaten Gorontalo Utara: Atinggola, Kwandang, Sumalato, Tolinggula, Gentuma raya, Tomolito, Biau dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Gorontalo : Telaga, Tibawa, Boliyuhuto, Tolangohula, Mootilango, Pulubala, Limboto barat, bilato, Kabupaten Boalemo: Paguyaman, Wonosari, Dulupi, Tilamuta, Paguyaman pantai, Kabupaten Bone Bolango : Tapa, Sumawa, Bonepantai, Bulango Utara, Tilongkabila, Kabila Bone, Sumawa Selata, Sumawa Tengah, Bulango Ulu, Bulango Timur, Kabupaten Pahuwato: Lemito, Parilanggio, Wanggarasi, Kabupaten Gorontalo Utara : Anggrek, ponelo Kepulauan Sumalata Timur dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 14.30 WITA

 

*) Mahasiswa program MBKM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kategori :