Voting Tahap Pertama Grammy Award ke-67 Resmi Dimulai! Begini Tahapan Seleksinya

Sabtu 05-10-2024,15:35 WIB
Reporter : Qwaysh Bintang*
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Acara penghargaan musik paling bergengsi Grammy Award dijadwalkan hadir lagi pada 2 Februari 2025 mendatang. Acara tahunan ini menghadirkan berbagai musisi terlaris dan paling berpengaruh.

Jangankan untuk menang, berhasil memasuki nominasi Grammy Award merupakan prestasi besar. Penghargaan ini spesial karena seluruh nomine dan pemenangnya ditentukan oleh rekan-rekan artis yang karyanya dinilai.

Itu sebabnya, banyak artis yang bermimpi untuk dinominasika. Penilaian Grammy Award ini dimulai pada 16 September 2023 hingga 30 Agustus 2024 untuk karya-karya yang bisa didaftarkan dalam Grammy Award.

Selanjutnya registrasi perusahaan media yang dibuka mulai 8 Juli 2024-23 Agustus 2024. Setelah registrasi, Grammy Award membuka Online Entry Process (OEP) Access mulai 17 Juli 2024-30 Agustus 2024. 

BACA JUGA: Daftar Lengkap Pemenang MTV VMA 2024, Taylor Swift Cetak Rekor Lagi!

BACA JUGA: Profil dan Perjalanan Karier Pemenang Best New Artist Grammy Awards 2024 Victoria Monét

Perusahaan atau label rekaman dapat mengirimkan rekaman dan musik video/film artis mereka pada periode tersebut. Setidaknya 20 ribu karya disetorkan pada pihak Grammy Award tiap tahunnya. Dari musisi dan pencipta di seluruh dunia.


TAYLOR SWIFT rilis tracklist album baru, ada kolaborasi bareng Post Malone. Foto: Taylor Swift mengumumkan rilis The Tortured Poets Department pada Grammy Awards 2024.-Valerie Macon-AFP

Semua karya yang disetorkan pada pihak Grammy Award akan melewati proses pengecekan kembali. Akan ada departemen khusus untuk memastikan pemenuhan syarat sekaligus membagi ke berbagai kategori.

Ada songwritting, rap, reggea, dan berbagai genre lain. Voting tahap awal dimulai kemarin pada 4 Oktober 2024 dan ditutup pada 15 Oktober 2024. Pemungutan suara tahap pertama ini sangat menentukan nomine yang masuk dalam kategori.

Anggota pemungutan suara diberikan akses untuk melakukan pemungutan suara online. Untuk mendapatkan hasil terbaik, voters dipastikan adalah ahli dalam bidang mereka masing-masing.

BACA JUGA: Rapper Killer Mike Ditangkap Usai Borong 3 Trofi Grammy Awards 2024, Ini Penyebabnya

BACA JUGA: Miley Cyrus, Billie Eilish dan Taylor Swift Kuasai 3 Kategori Utama Grammy Awards 2024

Untuk memenangkan voting tahap awal ini, beberapa musisi sudah merilis poster promosi untuk mengajukan diri ke Grammy Award 2025 medatang. Mulai dari Taylor Swift, hingga Sabrina Carpenter telah merilis poster masing-masing.

Setelah masa voting tahapan awal berakhir, nominasi Grammy Award ke-67 diumumkan pada 8 November 2024. Nominasi tersebut terbagi menjadi beberapa kategori mulai dari craft category hingga producing.  MILEY Cyrus, Billie Eilish dan Taylor Swift kuasai 3 kategori utama Grammy Awards 2024. Foto: Taylor Swift menerima trofi Album of the Year. Foto: Billie Eilish dan Fineas O'Connel menerima trofi Song of the Year.-Kevin Winter-Getty Images-AFP

Kategori :