Mayapada Hospital Nusantara di IKN Diresmikan Jokowi, Digagas Jadi Layanan Kesehatan Bertaraf Internasional

Jumat 11-10-2024,22:39 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Mayapada Hospital Nusantara, pada Jumat, 11 Oktober 2024, di Ibu Kota Nusantara IKN). Sebuah rumah sakit pertama dari Grup Mayapada yang dibangun di luar Pulau Jawa.

Rumah sakit tersebut digagas sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk menjamin ketersediaan fasilitas kesehatan bertaraf internasional di IKN. Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan pentingnya keberadaan fasilitas kesehatan.

Yakni Mayapada Hospital Nusantara yang didirikan untuk menghilangkan keraguan yang sempat timbul mengenai kesiapan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan dan investasi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara: Langkah Besar Menuju Pusat Pemerintahan di Nusantara

"Berdirinya Mayapada Hospital Nusantara merupakan jawaban dari keraguan ASN, masyarakat, maupun calon investor yang menanyakan ketersediaan fasilitas kesehatan di Nusantara," jelas Presiden Jokowi.

 “Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Mayapada Group, yang berkontribusi meyakinkan ASN, masyarakat, dan investor di Nusantara. Bismillah, pada sore hari ini saya resmikan Mayapada Hospital Nusantara,” sambungnya.

BACA JUGA: Inilah Hak Jawab dari Diantri Nari Ratih dan Yudi Utomo Imardjoko

Ungkapan itu sebagai apresiasinya kepada Mayapada Group atas kontribusinya dalam meningkatkan kepercayaan publik. Hal ini ditanggapi Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir menyatakan bahwa Mayapada Hospital Nusantara.

Dijelaskannya, rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit ketujuh yang dikelola oleh Mayapada Healthcare, sekaligus menjadi yang pertama berlokasi di luar Pulau Jawa. Rumah sakit tersebut menjalin kemitraan strategis dengan Apollo Hospitals.

Yakni salah satu jaringan rumah sakit swasta terbesar di India untuk memastikan penyediaan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Nusantara. Dia berharap Mayapada Hospital Nusantara dapat menjadi pilihan utama masyarakat.
Bangunan Mayapada Hospital yang diresmikan Presiden Jokowi pada Jumat, 11 Oktober 2024. --Humas Otorita IKN

Utamanya yang membutuhkan akses ke fasilitas kesehatan berkualitas tanpa perlu ke luar negeri. Ini menjadi langkah penting untuk mengurangi devisa yang keluar akibat banyaknya masyarakat yang memilih berobat ke luar negeri," tutur Jonathan.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan RS Hermina di IKN, Fasilitas Seperti Hotel Bintang 5

Sementara itu, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw, menambahkan bahwa Mayapada Hospital Nusantara tidak hanya menjadi simbol kesiapan infrastruktur di Nusantara.

Tetapi merupakan bukti nyata bahwa Nusantara siap memberikan layanan terbaik bagi seluruh penduduk serta calon investor. “Langkah ini memperkuat posisi Nusantara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan investasi masa depan,” ungkap Troy.

Melalui peresmian ini, diharapkan Mayapada Hospital Nusantara dapat berperan penting dalam mendorong pengembangan dan pembangunan Nusantara, sekaligus menjadikan Nusantara sebagai pusat layanan kesehatan bertaraf dunia di Indonesia. (*)

Kategori :