Meneliti Dampak Industrialisasi di Aceh

Sabtu 12-10-2024,21:18 WIB
Oleh: Bagong Suyanto & Septi Ariadi*

INI adalah perjalanan pertama kami ke Aceh. Pada 8–10 Okober 2024 kami ke Aceh untuk melakukan penjajakan awal kerja sama penelitian bersama Universitas Syiah Kuala (USK) dan PT Solusi Bangun Andalas. 

USK adalah perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Berdiri pada 2 September 1961, USK kini telah berkembang menjadi salah satu PTNBH yang paling populer di Aceh. 

Kami sengaja menggandeng USK sebagai mitra penelitian. Kegiatan pemetaan sosial dan kajian efektivitas program CSR (corporate social responsibility) di daerah sekitar lokasi pembangunan pabrik semen Solusi Bangun Andalas tidak mungkin bisa berjalan lancar jika tidak bekerja sama dengan USK. 

BACA JUGA: Tragedi di Aceh Tengah, Satu Keluarga Tewas Tertimbun Tanah Longsor

BACA JUGA: Tari Tsunami Aceh Antar SMA Labschool Kebayoran Juarai Festival Musik dan Seni di Bulgaria

Kebetulan, ada sejumlah alumnus Program Studi S-2 Ilmu Politik, FISIP, Universitas Airlangga, yang menjadi dosen di FISIP USK. 

Kami bertemu dengan Dekan FISIP USK Mahdi Syahbandir dan Novita Sari, Muliawati, serta sejumlah dosen lain. Novi dan Mulia adalah alumnus FISIP, Universitas Airlangga, yang membantu kami selama melakukan kegiatan penelitian di Aceh. 

Novi adalah koodinator program studi ilmu politik, sedangkan Mulia adalah ketua satuan penjaminan mutu FISIP USK.

BACA JUGA: Ketua PBNU Kunjungi Tanah Rencong: Sebut Aceh Harus Jadi Serambi Terdepan Indonesia

BACA JUGA: 2,5 Hektare Lahan Ganja di Aceh Besar Dibakar BNN

PEMETAAN SOSIAL

Sebelum kami menerjunkan pewawancara ke lapangan, salah satu agenda kami adalah bertemu PT Solusi Bangun Andalas. Kami bertemu dengan Tafaul Rijal yang merupakan GA dan comrel manager, Dewi Hawati yang merupakan comrel coordinator, dan sejumlah staf PT Solusi Bangun Andalas lain. 

Sembari menikmati mi Aceh yang khas, kami berdiskusi apa saja situasi problematik yang bakal kami temui di lapangan.

Penelitian kami bermaksud melakukan pemetaan sosial dan evaluasi terhadap dampak langsung pembangunan pabrik semen PT Solusi Bangun Andalas dan mengkaji efektivitas pelaksanaan program CSR yang selama ini digulirkan PT Solusi Bangun Andalas kepada masyarakat di wilayah ring 1 maupun ring 2. 

BACA JUGA: Manfaatkan Arus Balik, Lima Orang Seluncupkan Sabu ke Aceh

Kategori :