Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Rute Penjurian Lapangan Tim 2

Jumat 27-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Pelaksanaan penjurian lapangan ajang Anugerah Patriot Jawi Wetan (APJW) II 2024 tinggal beberapa hari lagi. Penjurian akan dimulai Senin, 30 September 2024. Persiapan penyusunan rute juga dilakukan oleh juri tim 2. 

Sedang juri tim 2 ini akan didampingi Kompol Hendry Soelistiawan. Tim beranggotakan Guruh Dimas Nugraha dari Harian Disway, Probo Darono Yakti M. Hub Int dari FISIP Universitas Airlangga (Unair), dan Doan Widhiandono, S.Sos, M.Ikom dari FISIP Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Mereka akan menjuri sisi timur Jawa Timur. Meliputi Kota Malang, Kabupatan Lumajang, Kabupatan Sumenep, Kabupatan Jember, Kabupatan Bangkalan, Kabupatan Banyuwangi, Kota Batu, Kabupatan Bondowoso, Kabupatan Situbondo, Kabupatan Pasuruan.

Rute juri tim 2 ini sempat beberapa kali dilakukan perubahan. Ini karena lokasi yang terpisah lumayan jauh. Dua peserta di Pulau Madura dan dua peserta di Kota Malang dan Kota Batu. Enam peserta lainnya ada di wilayah tapal kuda. Terjauh di Banyuwangi.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Rute Penjurian Lapangan Tim 1

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah 20 Desa/Kelurahan yang Lolos Penjurian Lapangan

Tim 2 ini membagi wilayahnya menjadi tiga etape. Etape Madura yang akan diselesaikan pada Senin, 30 September 2024. Penjurian akan dimulai dari Desa Manding Daya, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep. Diperkirakan penjurian akan dilakukan pada pagi sekitar pukul 08.00 hingga 10.30 WIB. “Kemungkinan kami akan berangkat Minggu, 29 September 2024 sore atau malam. Tapi menginap di Madura. Belum tahu menginap langsung di Sumenep atau di Pamekasan,” terang Guruh Dimas Nugraha, Kamis, 26 September 2024.

Sorenya, di hari yang sama, tim akan mendatangi Kelurahan Pangeranan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Diperkirakan tim beranggotakan dua akademi ini akan tiba di lokasi pada pukul 15.00. Penjurian dilakukan sekitar dua jam.

Dari Madura, juri tim 2 akan kembali ke Surabaya. Penjurian jeda satu malam. Keesokan harinya, Selasa, 1 Oktober 2024, penjurian dilanjutkan di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Perkiraan tim juri akan sampai di Sumberejo pada pukul  09.00 dan penjurian dengan estimasi waktu yang sama juga dilakukan. Sekitar dua jam.


Probo Darono Yakti, dosen HI Unair (kiri) saat melakukan penjurian.-Dok. Harian Disway-

Sorenya, tim akan menuju Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. DIjadwalkan penjurian akan dilakukan pada pukul 15.00 hingga 17.30. Hari itu, tim 2 akan menginap di Klatakan. 

Rabu, 2 Oktober 2024, tim akan menuju Desa Sumber Kokap, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso. Desa ini akan dinilai lapangan sekitar pukul 08.00 hingga 10.30. Sorenya, sekitar pukul 15.00, tim juri akan mendatangi Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi.

Malamnya, tim akan menginap di Banyuwangi. Malamnya, tim juga akan melakukan evaluasi dan perencanaan penjurian keesokan harinya. 

Dari Bumi Gandrung ini, juri lapangan tim 2 akan menuju Jember. Di kota suwar-suwir ini tim akan mendatangi Desa Pontang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Penjurian dilakukan pada pagi hari. Estimasi kedatangan pada pukul 08.00 dan penjurian dilakukan kurang lebih dua jam.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Cari 20 Desa/Kelurahan Terbaik, Tim Juri Berdiskusi

Kategori :