Agen BRILink Gagalkan Upaya Penipuan Tarik Tunai Berkat Ketelitian dan Menjalankan SOP

Rabu 23-10-2024,22:00 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY – Dengan maraknya modus penipuan dalam dunia perbankan, menjadi Agen BRILink kini makin tak mudah. Tapi dengan menjalankan standar operasional prosedur (SOP) maka semua kehawatiran itu akan terjawab. 

Inilah salah satu bukti yang ditunjukkan oleh salah satu agen BRI Link yang bisa menggagalkan upaya penipuan berkat ketelitian dan upayanya menjalankan SOP. Sehingga terhindar dari penipuan.

Sebelumnya dalam video di media sosial X diunggah sebuah video. Di salah satu toko Agen BRILink itu datang seorang laki-laki atau oknum penipu. Ia memakai masker dan kaus hitam untuk menyamarkan identitas.

BACA JUGA: BRI Mobile Mudahkan Nasabah Bertransaksi, Kenali Dulu Fitur dan Kelebihannya

Di situ ia ingin melakukan penarikan uang tunai senilai Rp 3 juta melalui Agen BRILink. Namun, petugas Agen BRILink melihat gelagat aneh terlihat dalam video yang diambil dari tangkapan CCTV.

Pria dalam video tersebut bukannya melakukan proses transaksi malah melakukan editing pada foto atau tangkapan layar dengan sejumlah uang yang ingin dilakukan tarik tunai. Foto yang diedit tersebut akan menjadi bukti transfer.

Lalu niatnya, ditunjukkan kepada Agen BRILink. Setelah beberapa lama atau tak lebih dari 30-an detik, si pria berhasil melakukan edit, dan mengubah bukti transfer tersebut, kemudian ia menunjukkannya kepada si Agen BRILink.

BACA JUGA: Dukung Kemajuan Sepak Bola Indonesia, Kelima Kalinya BRI Jadi Sponsor Utama Liga 1

Awalnya terlihat normal, bahkan si Agen BRILink juga sempat memfoto bukti transfer palsu tersebut dari telepon gengam milik si oknum penipu itu. Untung, si Agen BRILink sebelum memberikan uang dari tarik tunai yang diinginkan penipu.

Dengan sigap, ia memeriksa cek mutasi untuk memastikan apakah benar ada sejumlah uang yang disebutkan oleh si penipu untuk dilakukan proses tarik tunai. Setelah mengecek mutasi, ternyata uang tersebut tidak pernah sampai.
Inilah salah satu bukti yang ditunjukkan oleh salah satu agen BRI Link yang bisa menggagalkan upaya penipuan berkat ketelitian dan upayanya menjalankan SOP. Sehingga terhindar dari penipuan. --X

Si Agen BRILink menanyakan balik kepada si oknum penipu ini. “Tidak ada mutasinya nih di no rekening,” kata si Agen BRILink. Lalu si penipu ini malah beralasan ingin pergi ke bank untuk melakukan komplain.

BACA JUGA: Berkat Pemberdayaan BRI, UMKM Keripik Pisang di Bakauheni Lampung Berkembang Pesat

Dari video tersebut, Agen BRILink sukses terhindar dari aksi modus penipuan karena ketelitiannya untuk mengecek mutasi. Ia telah berhasil memastikan apakah benar terjadi proses transfer agar terhindar dari penipuan.

Diketahui, jika ingin mengecek mutasi melalui aplikasi BRImo cukup memilih opsi ‘Rekening’ di menu utama. Klik ‘Mutasi’ pada nomor rekening yang ingin diperiksa. Nasabah akan melihat lima transaksi terakhir.

Untuk melihat rekening koran secara lebih detail, hanya tinggal mengubah periode transaksinya. Nah, cukup mudah, bukan. Jika tertarik menjadi Agen BRILink, berikut persyaratan untuk menjadi Agen BRILink yang mudah diikuti.

Kategori :