- Hapus (Tidak Penting & Tidak Mendesak): Tugas yang tidak mendesak dan tidak penting, sebaiknya diabaikan.
3. Menggunakan pengingat sebagai alat bantu
Gunakan aplikasi sebagai pengingat. Seperti Google Calendar, aplikasi pengingat, note to-do list di smartphone, dan planner untuk mengatur jadwal. Carilah aplikasi alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
BACA JUGA:Cara Relaksasi Sederhana Usir Stres Akibat Pusing Kerjaan
4. Melatih diri untuk mengelola waktu
Biasakan untuk melatih diri untuk memprioritaskan tugas dan mengelola waktu dengan baik. Jadikan manajemen waktu sebagai gaya hidup.
5. Membatasi hal yang mendistraksi
Kenali hal-hal yang dapat mengganggu fokus. Batasi penggunaan sosial media. Jauhi hal-hal yang dapat mengganggu fokus. Buatlah lingkungan yang tenang dan bebas dari gangguan.
6. Memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan bermanfaat
Manfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan produktivitas. Jangan membiarkan waktu terbuang dengan percuma.
ILUSTRASI Distraksi Digital. Ilusi Produktivitas.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-
BACA JUGA: 8 Kegiatan Produktif Ngabuburit Tanpa Scroll Medsos
7. Evaluasi dan refleksi
Evaluasi secara berkala tentang bagaimana Anda mengelola waktu. Identifikasikan: apakah manajemen waktu telah berjalan baik; tingkatkan apa yang perlu ditingkatkan.
Mengelola waktu dengan baik membutuhkan proses. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa lebih produktif tanpa merasa kuwalahan.
Itulah 7 tip mengatur waktu. Ubah hidup Anda, mulailah membongkar kebiasaan-kebiasaan buruk. (*)
*) Mahasiswa magang dari prodi Sastra Inggris, Universitas Negeri Surabaya.