8 Cara Mengembalikan Semangat Kerja setelah Libur Lebaran 2025

Minggu 06-04-2025,18:00 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY -  Libur Lebaran 2025 yang panjang memang menyenangkan dan sangat seru. Seseorang bisa bersantai dan menikmati waktu yang panjang bersama keluarga dan orang tercinta. 

Kegiatan seru tersebut berlangsung lama, sehingga dapat menyebabkan seseorang menjadi stres dan cemas saat datang ke kantor di hari pertama. Sebab, sudah terbiasa bersantai saat liburan. Sebab itu, butuh strategi yang tepat untuk membentuk pikiran positif.  

Pikiran positif dapat menghilangkan stres dan menstabilkan emosi sebelum memulai pekerjaan dan hari yang berat seperti biasanya. Selain itu, masih banyak lagi persiapan saat ingin mulai bekerja di kantor setelah liburan.

Berikut 8 cara mengembalikan semangat kerja setelah libur Lebaran 2025:

BACA JUGA: 5 Tip Diet Pasca Lebaran, Bantu Kembalikan Tubuh Ideal Anda


Cara mengembalikan semangat kerja setelah libur Lebaran 2025 agar tidak stres. - Pexels - Yan Krukau

1. Lakukan Kegiatan Menyenangkan di Kantor  

Setelah menjalani libur Lebaran 2025, terapkan pikiran positif dengan memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan memberikan motivasi saat bekerja.

Ada kegiatan di kantor yang bisa membangkitkan semangat bekerja, seperti mengobrol dengan rekan kerja di kantor, menghirup udara segar di pagi hari dan luangkan waktu untuk merenungkan pengalaman selama liburan.  

Berbagi pengalaman liburan atau berwisata dengan rekan kerja bisa menjadi hal yang menyenangkan. Sebelum memulai bekerja, sebaiknya istirahat yang cukup dan ingat kembali pelajaran berharga yang didapat saat libur Lebaran 2025 dengan keluarga agar lebih termotivasi.

BACA JUGA: Arus Balik Mulai Padat, Jasa Marga Catat 685 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek pada H1 hingga H+2 Lebaran 2025

2. Tetapkan Tujuan yang Jelas dalam Bekerja 

Selanjutnya, siapkan tujuan yang jelas dalam bekerja agar dapat mengembalikan semangat kerja setelah libur Lebaran 2025. Tulis pencapaian yang ingin diraih selama bekerja.

Lakukan kegiatan yang dapat membantu terlaksananya kegiatan bekerja agar berjalan dengan baik dan lancar.  Tujuan tersebut terlihat sederhana, tetapi dapat membuat kegiatan bekerja menjadi lebih terarah.

Mulailah dengan hal-hal kecil, seperti menata dan membersihkan ruangan kerja, membuat catatan penting di meja kerja, menetapkan strategi untuk mengatur kegiatan kerja, dan sebagainya.

BACA JUGA: 127.853 Pemudik Tinggalkan Pelabuhan Bakauheni saat Puncak Arus Balik Libur Lebaran

3. Lakukan Penyesuaian Diri 

Usai menetapkan tujuan dalam bekerja, lakukan penyesuaian diri agar tidak merasa cemas  saat bekerja. Penyesuaian diri dapat dilakukan setelah memulai bekerja.

Kategori :