Selaraskan Fitur dan Produk Unggulan dengan Literasi Keuangan Digital, Transaksi Bank Raya Tumbuh

Jumat 31-10-2025,22:23 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Indria Pramuhapsari

HARIAN DISWAY - Teknologi yang maju dan dunia yang kian modern memaksa semua layanan tersedia secara digital, termasuk, perbankan. Perkembangan bank digital pun perlu diimbangi literasi keuangan digital yang masif.

Komunitas dan anak-anak muda menjadi sasaran utama bank digital untuk memperbesar pasar. Itu juga dilakukan Bank Raya, anak perusahaan BRI yang berfokus pada segmen digital. Inovasi dan terobosan terus dilakukan agar brand semakin dikenal oleh masyarakat. Salah satunya adalah melalui Raya Run 2025.

Minggu, 26 Oktober 2025, Bank Raya hadir sebagai event lari di Surabaya. Setelah para pelari mencapai garis finis, Virtual Debit Visa diperkenalkan. Dengan segala kepraktisannya, Bank Raya optimistis produk tersebut akan mampu mendongkrak transaksi digital. Khususnya, di Kota Pahlawan. 

“Virtual Debit Visa yang kami launching hari ini akan mempermudah masyarakat Surabaya bertransaksi secara online dengan Bank Raya,” ungkap Ajeng Putri Hapsari, corporate secretary Bank Raya, usai gelaran Raya Run 2025.

BACA JUGA:Raya Run 2025 Gandeng Komunitas Lari Surabaya, Ajak Tingkatkan Transaksi Digital

BACA JUGA:Bank Raya Gelar Raya Run 2025, Cocok Buat Runner Pemula

Data Bank Indonesia menunjukkan bahwa pertumbuhan transaksi e-channel dan transaksi digital tergolong kuat. Hingga triwulan ke-3 tahun ini, pertumbuhannya mencapai Rp12,99 miliar atau setara dengan pertumbuhan 38,08 persen year on year (yoy). 

Pertumbuhan transaksi itu membuka peluang bisnis bank digital. Untuk menciptakan ekosistem bisnis yang baik, Bank Raya mempertahankan persaingan sehat dengan bank-bank digital yang lain. Seperti BRI Group yang unggul di segmen UMKM, Bank Raya juga mengembangkan berbagai layanan praktis untuk para pelaku UMKM.

Aplikasi Raya, Saku Bisnis, QRIS Bisnis, Saku Bareng dan Virtual Debit Visa adalah beberapa di antaranya. Direktur Keuangan Bank Raya Rustarti Suri Pertiwi menyatakan bahwa hingga Juni 2025, Aplikasi Raya mencatat jumlah nasabah hingga 1,05 juta. 

“Transaksi meningkat sebanyak 42,7 persen (yoy) dengan pertumbuhan digital saving sebanyak Rp1,5 triliun atau tumbuh 66,6 persen,” terangnya kepada Harian Disway Kamis, 30 Oktober 2025. 


PELARI Raya Run 2025 mengabadikan flag off pada Minggu, 26 Oktober 2025.-Afif Siwi-Harian Disway-

BACA JUGA:Bank Digital RI Tumbuh Pesat! Gara-gara Gen Z?

BACA JUGA:Tren Bank Digital

Sejauh ini, Aplikasi Raya dan Pinang Dana Talangan masih menjadi unggulan untuk menumbuhkan bisnis digital. Jaringan online to offline (O2O) Bank Raya mencakup 1,9 juta akses poin di seluruh Indonsia. 

“Dari aspek bisnis, Bank Raya berhasil mencatatkan pertumbuhan positif. Total kredit pada kuartal ke-2 tahun ini sebesar Rp7,28 triliun atau tumbuh 7,4 persen yoy. Segmen tersebut menopang pertumbuhan positif  total aset Bank Raya pada kuartal ke-2 tahun ini menjadi Rp13,34 triliun,” terang Rustarti lebih lanjut.

Sebelumnya, Direktur Bisnis Bank Raya Kicky Andrie Davetra menyatakan bahwa bank digital luwes mengikuti perkembangan zaman. Maka, berbagai fitur yang dikembangkan Bank Raya juga selalu mengutamakan kepraktisan.

Kendati sasaran utamanya adalah kaum muda dan kalangan pebisnis serta pelaku UMKM, Bank Raya juga mendesain produk-produknya mudah diakses semua kalangan, termasuk anak-anak.

BACA JUGA:Berlari di Tengah Hujan, 700 Peserta Road to Give 2025 Surabaya Rayakan Langkah Kebaikan

BACA JUGA:Rekayasa Lalin Surabaya ISOPLUS Marathon 2025, Ini Jalur yang Ditutup!

“Kami ada fitur Saku Bisnis yang memungkinkan nasabah memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Namun, akun tersebut bisa diakses dengan mudah dari satu gadget,” terang Rustarti. 

Fitur senada disediakan untuk nasabah anak-anak. Fitur Saku Anak membantu anak-anak belajar mengatur pemasukan dan pengeluaran uang saku mereka sendiri. Itu juga menjadi bagian penting dari misi literasi keuangan digital Bank Raya. 

Selain Raya Run, Bank Raya aktif merangkul banyak pihak dalam kaitannya dengan brand awareness. Selain berpartisipasi sebagai sponsor dalam berbagai event masal, Bank Raya juga hadir dalam berbagai acara populer. Di antaranya, Beautitastic, Pandemics (Padel Dance Music), dan Color Run. (*)

Kategori :