Penghitungan Sementara, Bongbong Marcos Jr Unggul

Penghitungan Sementara, Bongbong Marcos Jr Unggul

Ferdinand Marcos Jr menyapa pendukungnya sebelum pencoblosan 9 Mei 2022 lalu di Manila-JAM STA ROSA / AFP-

MANILA, DISWAY.ID -- Kemenangan Fredinand Marcos Jr dalam pPilpres Filipina tinggal menunggu waktu. Hasil penghitungan sementara menunjukkan bahwa putra mendiang Ferdinand Marcos itu unggul dari pesaingnya. Pesaing terdekatnya adalah Leni Lobredo yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden dari Duterte. 

Menurut data server transparansi Komisi Pemilihan Filipina (Comelec) seperti dikuti dri Inquirer, "Bongbong" Marcos Jr sudah mengantongi nyaris 30 juta suara. Dan angka tersebut merupakan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan Leni Robredo.  Analis Eurasia Group Peter Mumford menyebut, Marcos Jr mempunyai peluang menang dengan perolehan 75 persen suara. 

Menyusul Marcos dan Robredo, mantan petinju dunia, Manny Pacquiao, meraih 3,3 juta suara. Selanjutnya di peringkat keempat terdapat Isko Moreno yang hanya mendapat 1,8 juta suara. Posisi terakhir diduduki oleh Senator Panfilo dengan 855 ribu suara.

Di sisi lain, kandidat Wapres Filipina, Sara Duterte, kandidat yang dipasangkan dengan Capres Bongbong Marcos Jr dan juga merupakan putri dari Rodrigo Duterte, juga unggul dari para pesaingnya. Dia  meraih 30 juta suara sejauh ini. Angka tersebut sangat tinggi selisihnya jika dibandingkan dengan perolehan suara pesaingnya, Senator Francis Pangilinan, yang hanya mendapatkan 8,8 juta suara

Meski belum diputuskan secara resmi menang Pilpres Filipina, Bongbong Jr menyampaikan pernyataan atas kemenangannya. "Meski hasil penghitungan belum selesai, rasa terima kasih saya kepada kalian semua yang tak bisa menunggu," kata Bongbong Marcos Jr, seperti dikutip dari Inquirer. "Rasa terima kasih saya kepada semua pihak yang bergabung bersama perjuangan kita, atas pengorbanan kalian, atas kerja keras, waktu, dan kemampuan yang kalian berikan untuk kami," tambahnya. (Devania Donita)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: inquirer