Cheng Yu Pilihan Owner Mekabox Suparsono & Lindratini: Dai Ren Yi Cheng, Zhi Shi Yi Xin

Cheng Yu Pilihan Owner Mekabox Suparsono & Lindratini: Dai Ren Yi Cheng, Zhi Shi Yi Xin

Cheng yu Suparsono & Lindratini--

BISNIS Suparsono (施柏松 Shi Baisong) dan Lindratini (廖彩珍 Liao Caizhen) macam-macam. Dari yang awalnya pabrik kertas karton Mekabox, berkembang ke pabrik tisu, kemudian hotel bintang 5 di Bali, terakhir bikin pabrik bata ringan di beberapa kota –termasuk yang baru-baru ini diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Sragen.

Pesatnya perkembangan bisnis pasutri tersebut tak lepas dari kaligrafi pepatah "待人以诚" (dài rén yǐ chéng) dan "执事以信" (zhí shì yǐ xìn) yang diukir di dinding belakang rumahnya sejak 2002. 

Dua peribahasa dimaksud masing-masing berarti: "Jujur dalam berhubungan dengan manusia" dan "Menjalankan pekerjaan dengan penuh integritas". 

"Kata-kata Cheng Yu itu dibuat oleh Bu Lindratini sebagai bentuk harapan agar anak-anaknya berperilaku baik dalam hal apapun," tulis Suparsono melalui WA.

Lindratini memang jago bahasa, sastra, dan kaligrafi Mandarin. Tak heran bila dia membekalkan intisari ajaran Tiongkok klasik itu kepada penerus usaha-usahanya. 

Sebab, ajaran Tiongkok klasik –yang utamanya bersumber dari pemikiran Konfusius – memang sangat menjunjung tinggi kejujuran, mulai dari lingkup terbawah (individu), menengah (keluarga), hingga tertinggi (negara).

Pendek kata, sebagaimana ditekankan peribahasa Mandarin lainnya, "人无信不立,业无信不兴,国无信则衰" (rén wú xìn bù lì, yè wú xìn bù xīng, guó wú xìn zé shuāi). Yang artinya: "Orang kalau tidak bisa dipercaya tidak akan menjadi manusia. Bisnis kalau tidak bisa dipercaya tidak akan berkembang. Negara kalau tidak bisa dipercaya akan binasa." (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: