Mau Dibawa ke Mana Hubungan Kita?

Mau Dibawa ke Mana Hubungan Kita?

Teori kriminologi yang lebih baru diungkap psikolog forensik Louis B. Schlesinger dalam bukunya, Sexual Murder, Catathymic and Compulsive Homicides (CRC Press, 2003). Diungkapkan, motif pembunuh seks adalah khas. Spesifik.

Prof Schlesinger menulis itu berdasar pengalaman riset selama 30 tahun dari sebelum bukunya terbit, 2003.

Pada judulnya ada kata catathymic (rasa marah) dan kompulsif (bersifat memaksa). Dua kata itulah yang dominan pada perasaan dan karakter pembunuh seksual.

Schlesinger menjabarkan, pelaku punya dorongan yang sangat kuat untuk membunuh. Sebab, ada rasa cemas dan khawatir yang sangat intens. Menggumpal jadi kemarahan. Dengan demikian, dorongan tersebut sulit ditolak alam bawah sadar pelaku.

Kemarahan adalah dasar semua jenis pembunuhan. Tapi, di pembunuhan seks, kemarahan berbalut kebencian (terhadap korban atau sesuatu terkait korban).

Indikator spesifik pembunuh seks adalah marah berbalut benci pada sekitar 48 jam menguasai hati dan pikiran pelaku, sampai dengan saat pembunuhan.

Gampangnya, tanda-tanda pembunuh bakal membunuh sudah tampak selama 48 jam sebelum kejadian. Seandainya calon korban mengetahui indikator itu, calon korban bisa menghindari bertemu pelaku. Sebisa-bisanya.

Sayangnya, indikator itu sangat sulit diketahui orang lain (selain pelaku). Bahkan, umumnya pelaku tidak menyadarinya. Sampai pembunuhan terjadi. Barulah pelaku akan termenung, berusaha kilas balik 48 jam terakhir, saat hati dan pikirannya diselimuti benci dan marah sangat intens.

Teori Schlesinger itu hasil riset psikologi forensik. Sangat penting. Walaupun, sayangnya, tidak banyak berguna bagi awam, calon korban, atau calon pelaku.

Calon korban sulit mengetahui masa kritis 48 jam tersebut. Calon pelaku malah lebih tidak tahu. Sebab, ia dalam kondisi ”gelap mata”.

Pada kasus pelaku dan korban sangat dekat (berpacaran, seperti A dengan AW), kemungkinan penghindaran pembunuhan bisa terjadi. Ada kemungkinan AW bisa merasakan bahwa A sedang proses catathymic and Compulsive. Atau dalam proses ”48 jam” masa kritis.

Cuma, berdasar hasil penyidikan polisi, ketika mereka berada di dalam kamar kos, korban AW bercerita soal kangen mantan pacarnya.

Bisa dibayangkan, catathymic and compulsive bagai api membara. Merah. Lalu, disiram cerita rindu mantan pacar. Hasilnya tragis begitu.

Ditarik garis mundur, ketika A menyanyikan lagu: "...mau dibawa ke mana, hubungan kita...." Saat itulah A dalam kondisi catathymic and compulsive.

Seumpama nyanyian A itu dibalas dengan nyanyian pula, oleh AW, lagu yang cocok bukan Rindu Mantan, melainkan Teman Tapi Mesra karya Ratu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: