Kacau, Budi Tak Bisa Keluar Dari Ukraina

 Kacau, Budi Tak Bisa Keluar Dari Ukraina

ANTREAN BUS mengular di perbatasan Polandia-Ukraina. Penumpang yang mayoritas pengungsi sampai turun ke jalan karena bus tidak bergerak.-Bud Wichers/Harian Disway-

LVIV, HARIAN DISWAY - Harusnya tadi malam Bud Wichers sudah sampai di Belanda. Bertemu orang tua angkatnya, Han dan Gerrie Wichers, di Gorssel. Juga sang kekasih yang menjemputnya dari Surabaya Ana Maria. Namun, rencana itu tak bisa terwujud. Budi tertahan di perbatasan Polandia.

Tak ada yang bisa diprediksi saat liputan medan perang. Untuk sekian kalinya rencana yang sudah disusun Budi, panggilan Bud Wichers, buyar.

Budi memutuskan untuk pulang ke Kiev setelah meliput kunjungan Joko Widodo (Jokowi), Kamis, 30 Juni 2022. Sebelum menempuh perjalanan darat ke barat dengan bus, ia mampir liputan ke perbatasan Belarusia di utara Ukraina.


VETERAN PERANG ikut mempertahankan wilayah Ukraina di perbatasan Belarusia, Kamis, 30 Juni 2022. Setelah liputan terakhir ini Budi naik bus dari Kiev ke Polandia.-Bud Wichers/Harian Disway-

Ia ikut prajurit Ukraina yang bertempur di dalam perlindungan parit. Pasukan juga sempat merangsek maju ke tanah lapang. Tak lama kemudian ia kembali ke Kiev untuk menumpang bus hingga perbatasan Polandia.

Sampai di sana, rencana masih sesuai harapan. Budi berangkat dengan warga yang mengungsi ke Polandia. Mereka mencari tempat yang lebih aman. Ribuan orang menuju barat.

Awalnya mereka bertahan di Ukraina untuk menunjukkan perlawanan kepada Rusia. Namun krisis pangan dan bahan bakar makin merajalela. Untuk minum pun susah.

Diprediksi situasi Ukraina bakal semakin panas. Krisis makin parah. Terutama setelah Presiden Jokowi meninggalkan The Bread Basket of Europe, julukan Ukraina. Julukan itu disematkan karena Ukraina adalah salah satu penghasil gandum terbesar di dunia. Tak pernah terbayangkan, negeri yang berkelimpahan bahan makanan itu sekarang mengalami kelaparan hebat.

Mereka mengekspor 29.171.000 metrik ton gandum setiap tahun. Saat pasokan dari Ukraina terhenti, harga gandum dan bahan makanan global jadi melambung. 

Intensitas serangan Rusia ke Ukraina sempat mereda saat kunjungan Presiden Jokowi, Rabu, 29 Juni 2022. Presiden Rusia Vlarimir Putin yang juga bertemu Jokowi memastikan tak ada serangan saat Jokowi ke Ukraina. 


Jokowi Datangi Apartemen Lipky Ukraina yang Hancur Imbas Peperangan--Twitter/@jokowi--

Begitu Jokowi pulang, situasi semakin memanas. Bom-bom berjatuhan di berbagai penjuru Ukraina.

Juli nanti Rusia menempatkan sistem rudal dengan teknologi nuklirnya di Belarusia. Budi khawatir akan terjadi pembantaian massal dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: