Walau Cedera Lutut, Rich Philbert Pio Harumkan Kediri di Kejurprov Wushu Jatim 2022

Walau Cedera Lutut, Rich Philbert Pio Harumkan Kediri di Kejurprov Wushu Jatim 2022

Karpet merah yang menjadi gelanggang atlet Taolu berlaga di ajang Kejurprov Wushu Jatim 2022, Gedung Olahraga Pantjasila Surabaya -Mohamad Nur Khotib -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gelora Pancasila Surabaya makin ramai di hari kedua Kejurprov Wushu Jatim 2022, Sabtu, 22 Agustus 2022. 

Atlet-atlet yang mewakili 18 kabupaten/kota bertanding sesuai kelasnya. Mereka terbagi menjadi tiga jurus: Sanda, Taolu, dan Kungfu. 

Karpet tengah menjadi gelanggang para atlet mempertandingkan nomor-nomor dari jurus Taolu.

Salah satunya, Jian Shu atau komponen dari kelincahan, kegesitan, kecepatan, dan keseimbangan yang dikombinasikan dengan pedang sebagai senjatanya. Setelah itu, mempertandingkan nomor Daoshu atau kombinasi gerakan dengan golok sebagai senjatanya.

Ajang ini juga terbagi menjadi kelas kelompok umur mulai pra junior, junior, dan senior.

Salah satu nama yang menarik perhatian di nomor Daoshu kelas junior B. Ialah Rich Philbert Pio asal Kediri. Ia pernah menyabet medali emas pada ajang Kejuaraan Provinsi 2020, serta medali perunggu pada Kejuaraan Nasional 2020.

Setelah melakukan pemanasan dan uji coba lapangan,  remaja 14 tahun tersebut mengalami cedera. “Sedikit ada masalah lutut, rasanya seperti ada yang ganjel. Tapi itu bukan jadi masalah,” ucapnya, Sabtu, 28 Agustus 2022.

Namun, itu tak menghalangi semangatnya. Rich masih menargetkan untuk menjadi juara.  Meski harus bertanding dengan cedera yang diderita. “Enggak muluk-muluk, juara tiga saja sudah cukup. Ya karena lutut juga masih nyeri,” lanjutnya.

Rich yang mewakili Kediri itupun akhirnya bertanding. Mental dan fisik yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari membuahkan hasil. Rich yang memakai kostum warna merah bercorak emas menjadi juara kedua Taolu gaya Daoshu dengan torehan poin 8.84. Hasil yang begitu maksimal hingga melampaui targetnya sendiri. (Yusuf Dwi)

Sumber: