Di Balik Angka Cantik HUT Taiwan ke 111, dan Perayaan TETO di Surabaya

Di Balik Angka Cantik HUT Taiwan ke 111, dan Perayaan TETO di Surabaya

Taipei Economic and Trade Office (TETO) Surabaya berbagi kebahagiaan jelang HUT Taiwan ke-111 yang jatuh pada, Senin, 10 Oktober 2022.-TETO-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Taiwan bakal memperingati hari ulang tahunnya besok, Senin, 10 Oktober 2022. Perayaan bakal terasa sangat spesial karena inilah peringatan di angka cantik, triple satu: 111.

Di Taiwan, perayaan resmi dimulai dengan pengibaran bendera Republik Tiongkok di depan Gedung Kantor Kepresidenan dengan diiringi oleh Lagu Kebangsaan Republik Tiongkok.

Biasanya akan ada parade militer. Perayaan juga mencakup banyak aspek dari budaya dan tradisi seperti barongsai, tim genderang, serta pertunjukan tradisional lainnya. 

Kemudian pada hari tersebut, Presiden Republik Tiongkok akan menyampaikan pidato kenegaraan dan pertunjukan kembang api diadakan di seluruh kota utama Taiwan. 

Sepuluh kembar, begitu mereka menyebut hari jadi di tanggal 10 bulan 10 atau 10 Oktober 1911 itu. Tanggal itu diperingati  sebagai pemberontakan Wuchang yang memicu runtuhnya Dinasti Qing di Tiongkok dan berdirinya Republik Tiongkok pada tanggal 1 Januari 1912.

Sebagai hasil dari Perang Saudara Tiongkok, pemerintah Republik Tiongkok kehilangan kontrol atas Tiongkok daratan dan pindah ke Taiwan pada bulan Desember 1949. 

Kemeriahan juga tergambar di di Surabaya. Tepatnya di  Taipei Economic and Trade Office in Surabaya (TETO).

Bersamaan dengan kegiatan perayaan online yang dilakukan oleh TETO tahun ini, TETO Surabaya juga membuat souvenir topi olahraga. Hadiah itu  diberikan kepada sahabat-sahabat TETO Surabaya dari berbagai kalangan untuk bersama berbagi kegembiraan suasana perayaan HUT Taiwan.

Mr. Benson Lin, Director-General TETO Surabaya mengatakan, dalam rekaman video ucapan selamat: tahun lalu, Taiwan terus menunjukkan kinerja yang baik dalam demokrasi, kebebasan, ekonomi, budaya dan pendidikan. 

Ketika dihadapkan dengan tantangan dan peluang internasional, Pemerintah Taiwan berupaya melanjutkan kebijakan sistem jaring anti-pandemi untuk kesehatan dan keselamatan, serta enam industri inti strategis utama. 

Taiwan juga dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan menjaga perdamaian dan stabilitas untuk memenuhi perannya sebagai mitra yang bertanggung jawab dari “Desa Global”.

Mr. Benson Lin mengajak seluruh warga Taiwan di Surabaya untuk terus bekerja keras dan berkontribusi untuk rumah kedua mereka, yaitu Surabaya, dan juga untuk tanah air, Taiwan. “Komunitas ekspatriat Taiwan di Surabaya harus bangga dengan dual identitas mereka : Formosa dan Indonesia,” ujarnya dalam rilis.

 
Suasana Jelang HUT Taiwan ke 111 di Surabaya.-TETO-

Ada makna di balik desain topi olahraga dengan bendera Taiwan dan tulisan “Taiwan di Surabaya” itu. Topi tersebut mengingatkan kita tentang persahabatan yang telah lama terjalin antara Taiwan dan Surabaya, serta mempromosikan kesehatan lewat berolahraga.

Perayaan hari ulang tahun Taiwan yang diselenggarakan secara online oleh TETO mendapat tanggapan besar dari sahabat-sahabat TETO. Mereka menyampaikan pesan melalui video, dan media lain untuk menyatakan dukungan mereka kepada Taiwan.

Mereka juga menuliskan kata-kata ucapan selamat pada kartu pos untuk TETO, menunjukkan ikatan yang erat dan persahabatan yang mendalam antara masyarakat dari kedua belah pihak. 

Mr. Benson juga menyampaikan terima kasih atas dukungan antusias dari sahabat-sahabat Indonesia dan berharap persahabatan antara Taiwan dan Indonesia dapat semakin erat dan berkelanjutan serta kemakmuran bagi kedua negara dan rakyatnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: