Irjen Pol Teddy Minahasa Putra Dikenal sebagai Sosok Humble bagi Teman-temannya di Kota Pasuruan

Irjen Pol Teddy Minahasa Putra Dikenal sebagai Sosok Humble bagi Teman-temannya di Kota Pasuruan

-Kapolda Jatim Irjen Pol Teddy Minahasa Putra -

HARIAN DISWAY, KOTA PASURUAN - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Wibowo mencopot Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta dan diganti Irjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat.  Hal itu tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/2134/X/KEP/2022.

Teddy menjabat Kapolda Sumatera Barat sejak 25 Agustus 2021. Selain menjadi Kapolda Sumbar, Teddy juga menjabat ketua umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021–2026.

Masa kecil pria kelahiran Minahasa, 23 November 1970, itu ternyata di Kota Pasuruan. Teddy pernah bersekolah di SMPN 1 Kota Pasuruan dan SMAN 3 Kota Pasuruan. 

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 tersebut dikenal sebagai sosok baik dan humble pada teman-teman sejawatya.

”Beliau sangat baik sejak awal berkarier di kepolisian sampai kariernya meroket. Kalau berbicara santun dan tidak pernah sombong,” ujar Dedy Tjahjo Poernomo, wakil ketua I DPRD Kota Pasuruan, yang berkawan dengan Teddy. 

Konon, masa kecil Teddy dihabiskan di rumahnya di sekitar Jalan Jawa, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. 

”Kami sangat senang sekali mendengar beliau menjabat Kapolda Jawa Timur. Artinya, beliau kembali untuk kampung halamannya,” lanjut Dedy. 

Anik Faridah, rekan seangkatan Teddy di SMPN 1 Kota Pasuruan, sepakat dengan pendapat tentang sosok mantan ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu. Menurut Anik, walaupun dirinya tidak pernah sekelas, Teddy sering memberangkatkan semua teman-teman SMP dan SMA-nya untuk liburan gratis. 

”Tidak pernah satu kelas. Tapi, dari dulu memang terkenal baik orangnya. Bahkan, sampai sekarang sering memberangkatkan teman-teman dan guru-gurunya wisata gratis,” ungkap Anik. 

Soal karier di Polri, Teddy pernah memegang jabatan tinggi di berbagai daerah. 

Di antaranya adalah Kapolda Banten (2018), Wakapolda Lampung (2018), Sahlijemen Kapolri (2019), dan Kapolda Sumatera Barat (2021).

Selain itu, Teddy pernah menjabat Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jawa Tengah (2008), Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolres Malang Kota (2011), Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri (2013), dan Kaden C Ropaminal Divpropam Polri (2013).

Saat ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit mendapuknya sebagai Kapolda Jatim. Ia ditunjuk untuk menggantikan Irjen Nico Afinta yang dimutasi sebagai Sahlisosbud. Sementara itu, posisi Kapolda Sumatera Barat diisi Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kadivhumas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengonfirmasi adanya surat telegram itu. Ia menjelaskan bahwa mutasi tersebut adalah hal biasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: