Suporter Jerman Boikot Piala Dunia Qatar: 15 Ribu Kematian dalam 5.760 Menit, Memalukan!

Suporter Jerman Boikot Piala Dunia Qatar: 15 Ribu Kematian dalam 5.760 Menit, Memalukan!

Spanduk bertuliskan Boycott Qatar 2022 dihamparkan supporter Borussia Dortmund.-AFP-

DORTMUND, HARIAN DISWAY - Suporter Borussia Dortmund menggelar aksi protes terhadap penyelenggaraan piala dunia Qatar 2022 yang menuai banyak kontroversi.

Mereka menyerukan boikot kepada penyelenggaraan piala dunia 2022 di Qatar karena banyaknya terjadi pelanggaran hak asasi manusia dalam persiapan event tersebut.

Pesan itu disampaikan pada laga ke-13 Bundesliga melawan vfl Bochum. Suporter Borussia Dortmund  membentangkan spanduk raksasa bertuliskan "Boycott Qatar 2022" sejak menit pertama pertandingan. Protes ini juga pernah dilakukan Oktober lalu.

Suporter Herta Berlin juga membentangkan spanduk yang sama saat melawan Bayern Munchen. Sedangkan supporter Bayern Munchen membentangkan spanduk dengan kalimat "15.000 kematian selama 5.760 menit sepak bola! Memalukan!". 


Pendukung Bayern Munchen membentangkan spanduk boikot Piala Dunia Qatar 2022.-AFP-

Catatan buruk penyelenggaraan piala dunia menjadi sorotan barat dalam laporan 6500 pekerja migran meninggal karena pembangunan fasilitas pertandingan.

Pada tahun 2021, Amnesti Internasional mengeluarkan laporan tentang kematian para pekerja migran di Qatar, yang disebabkan oleh beberapa faktor. Suhu panas merupakan salah satu faktor kematian terbesar.

Pemerintah Qatar selalu menyikapi tudingan itu dengna pernyataah bahwa kematian pekerjanya karena penyebab alami.

Temuan Amnesti Internasional mengatakan sebaliknya. Pemicu utama kematian, selain karena suhu panas, adalah jam kerja yang melebihi batas.

Hingga kini belum ada jumlah resmi beberapa pekerja migran yang meninggal di Qatar akibat pembangunan fasilitas penunjang piala dunia. Jadi bagaimana sepakat dengan boikot piala dunia ? (Machrus Ali Mustofa)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: