Pasuruan artikel

Keseruan Bunda Fatma Bakar Ikan Bersama Anak-Anak Kota Pasuruan

Keseruan Bunda Fatma Bakar Ikan Bersama Anak-Anak Kota Pasuruan

ACARA gemar makan ikan Kota Pasuruan. -istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY -  Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Ke-9 2022 di Kota Pasuruan dilaksanakan meriah. Dibuka oleh Fatma Saifullah Yusuf selaku ketua Forikan Kota Pasuruan, acara tersebut melibatkan berbagai pihak. Tujuannya, mengajak masyarakat peduli pada gizi anak-anak dan mengenalkan ikan sebagai bahan utama pangan penuh gizi. 

Fatma mengajak masyarakat Kota Pasuruan guna meningkatkan konsumsi ikan untuk pertumbuhan anak. Kandungan gizi di daging ikan, menurut istri Wali Kota Pasuruan itu, sangat tinggi dan berpengaruh pada tumbuh kembang anak-anak. 

”Kami mengajak masyarakat Kota Pasuruan agar turut meningkatkan konsumsi ikan karena ikan tidak hanya lezat. Ikan juga kaya akan manfaat dan nutrisi. Terutama bagi pertumbuhan anak-anak,” ucap Fatma saat membuka sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dalam rangka Harkannas Kota Pasuruan.

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling sehat karena kaya akan nutrisi, khususnya omega 3 dan omega 6 yang memiliki peran penting dalam pembentukan serta perkembangan sel otak. 

”Perlu diketahui bahwa pertumbuhan sel otak manusia sangat bergantung pada kadar omega 3 yang cukup sejak bayi dalam kandungan sampai balita. Oleh karena itu, sejak bayi dalam kandungan, si ibu hamil perlu mengonsumsi ikan dalam jumlah cukup sampai bayi yang dikandungnya dilahirkan,” ujar Bunda Fatma

Masyarakat yang gemar mengonsumsi ikan akan memiliki umur harapan hidup rata-rata lebih panjang daripada masyarakat yang kurang mengonsumsi ikan. 

Terkait pentingnya mengonsumsi ikan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan,  khususnya di Kota Pasuruan, perlu didukung dan disukseskan. Asupan makanan yang sehat dan bergizi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak sesuai dengan Harkannas Ke-9 Tahun 2022 yang mengusung tema Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul.

”Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama di sekolah-sekolah, dan guru sebagai media belajar bagi anak-anak harus bisa memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi akan pentingnya mengonsumsi ikan,” jelasnya

Dalam momen Harkannas itu, Fatma selaku ketua Forikan Kota Pasuruan mengimbau sekolah-sekolah untuk dapat memasukkan pembelajaran akan pentingnya mengonsumsi ikan sejak dini ke dalam kurikulum sekolah.

”Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan gerakan makan ikan di sekolah, misalnya seminggu sekali atau setiap Jumat mewajibkan anak-anak membawa bekal ikan di sekolah dan makan bersama-sama sambil bersenang-senang,” ucap Fatma yang disambut gembira oleh para kepala SD dan SMP swasta yang turut hadir di acara tersebut.

Pada kesempatan itu pula, Fatma memasak olahan ikan yang dibumbu bakar bersama koki Kang Warto. Hadir mendampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Ani Adi Wibowo. Acara juga diisi dengan penyerahan secara simbolis kartu e-Pass kepada para nelayan dan materi sosialisasi manfaat ikan untuk kecerdasan otak oleh Adryanto serta tarian dan senam Gemarikan. (*)

 

Sumber: