Miss Universe Pamer Kostum Cantik dengan Pesan Kuat

Miss Universe Pamer Kostum Cantik dengan Pesan Kuat

KEGAGAHAN MISS UKRAINA Viktoria Apanasenko saat membawakan kostum nasional di ajang Miss Universe, New Orleans, Louisiana, 11 Januari 2023.-JOSH BRASTED-GETTY IMAGES VIA AFP-

VIKTORIA Apanasenko, Miss Ukraina, sadar betul sorotan dunia pada panggung Miss Universe 2023 di New Orleans, Louisiana. Maka, dia pun membawakan kostum nasional yang mengandung pesan begitu kuat. Bahwa negerinya menginginkan perdamaian paripurna, meskipun untuk itu Ukraina harus mempertaruhkan jiwa dan raga.

 

Kostum nasional yang dipakai Apanasenko memang menunjukkan semangat Ukraina. Yang sudah 11 bulan ini dijajah Rusia. Gadis peraih gelar magister di Taras Shevchenko National University, Kyiv, itu membawa kostum bertema Warrior of Light. Sangat membius. Begitu kuat.

 

Kostum tersebut menggambarkan seorang dewi. Sayapnya biru-kuning. Warna bendera Ukraina. Komplet dengan pedang. ’’Ini menyimbolkan perjuangan negara kami melawan kegelapan. Seperti Malaikat Agung Michael yang mempertahankan Ukraina lewat pedang. Ia melindungi kami,’’ kata Apanasenko.

 

Yang mengesankan, baju yang menghabiskan 10 meter kain itu dibuat hanya dalam empat bulan. Dalam kondisi genting. Di tengah sirene yang meraung-raung karena pengeboman yang masif. Dalam suasana mati lampu karena Rusia menghancurkan infrastruktur Ukraina.


KEPERKASAAN LAUTAN tampak pada kostum nasional yang dibawakan Miss Indonesia Laksmi De Neefe Suardana.-JOSH BRASTED-GETTY IMAGES VIA AFP-

 

Wakil Indonesia, Laksmi De Neefe Suardana, membawakan kostum The Glory of Phinisi. Bahannya dari akrilik laser-cut dan stainless steel keemasan. Total, busana itu seberat enam kilogram. Laksmi, gadis Bali pertama di ajang Miss Universe, pun seperti ratu penguasa lautan. Powerfull. Tangguh. Terutama ketika dia mengusung replika perahu pinishi yang melekat di baju. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: