Hobi Begadang? Hati-hati, Night Eating Syndrome!

Hobi Begadang? Hati-hati, Night Eating Syndrome!

Night Eat Syndrome -google-berkeluarga.id

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ada banyak alasan untuk begadang. Kebiasaan itu tidak jadi masalah ketika dilakukan untuk kegiatan produktif dan tidak setiap hari.

Apabila dibiarkan berkepanjangan, kebiasaan itu bakal  mengganggu kesehatan tubuh hingga menyebabkan pola makan yang tidak teratur. Night Eating Syndrome pun harus diwaspadai.

Apa itu Night Eating Syndrome (NES) ?

Dilansir dari linisehat.com, Night eating syndrome (NES) Merupakan suatu gangguan yang dimana seseorang mengalami kondisi suka makan di malam hari dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan porsi makan saat pagi dan siang hari. Perilaku ini biasanya lebih sering dilakukan karena masalah tidur.

BACA JUGA:Outfit Serbamerah Rihanna di Super Bowl LVII Halftime Show 2023

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan, Presiden Jokowi Luncurkan Kartu Tani Digital dan KUR BSI di Aceh

Apa saja ciri-ciri Timbulnya Night Eating Syndrome?

 1. Banyak pikiran di malam hari atau sering overthingking  

 2. Rasa ingin makan di tengah malam

 3. Sering susah tidur  

 4. Nafsu makan berkurang di siang hari

Apakah berbahaya untuk tubuh ? Tentunya sangat berbahaya karena akan menimbulkan kondisi fisik yang overweight dan mengakibatkan mental health tidak stabil. Hal buruknya jika kebiasaan ini berkelanjutan akan menimbulkan beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes dan dislipidemia.

Kebiasaan buruk yang timbul akibat begadang ini bisa dihindarkan. Namun perlu juga konsistensi dari setiap individu untuk menerapkannya.

BACA JUGA:Membedah OPPO Reno8 T 4G dan 5G Baterai Tahan 2 Hari, Cek Harganya!

BACA JUGA:Hamil Anak Kedua, Rihanna Gemparkan Panggung Super Bowl Halftime Show

 

Tips Menghentikan Kebiasaan Night Eating Syndrom

1. Buat Jadwal Makan yang Teratur

Hal yang membuat kita memiliki kebiasaan makan tengah malam tidak lain karena pola makan sehat yang kurang teratur. Seringkali kita makan sesuka hati tanpa memperhatikan waktu bahkan tidak memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh.

2. Aktif di Siang Hari

Dengan kita produktif di siang hari maka saat menjelang malam tubuh kita akan lebih mudah untuk beriistirahat dan pastinya waktu tidur tidak berantakan.

3. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat mengurangi nafsu makan loh. Mangkannya tidak heran banyak orang yang melakukan diet memilih makanan ini. Kita bisa pilih makanan berprotein tinggi sesuai kesukaan dan pastinya harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya!

Jadi buat kalian yang hobi begadang, stop! kesehatan badanmu lebih utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: