Proyek Flyover Tutup Pintu Perlintasan KA Aloha

Proyek Flyover Tutup Pintu Perlintasan KA Aloha

Pemasangan tiang pancang flyover Aloha, Sidoarjo. -Foto: Andika Bagus Priambodo, Grafis: Nathania Christiyanto - Harian Disway-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Bulan puasa tidak menjadi alasan untuk mengendurkan pengerjaan proyek jalan layang atau flyover Aloha, Sidoarjo. Dari target 267 pemasangan tiang pancang, dalam tiga bulan ini sudah dipasang 154 tiang pancang. Masih 113 tiang pancang lagi yang harus ditancapkan.

Sambil menyelesaikan pemasangan tiang pancang, juga dilakukan pengecoran fondasi pile cap atau penutup kaki tiang pancang jembatan. Fokus pengerjaan saat ini berada di jalur selatan Jalan Raya Juanda. Atau tepatnya, di samping kiri taman Monumen Pesawat Ilyushin-28 Juanda, dekat dengan perlintasan kereta api. 

Tiang pancang itulah yang akan menyangga dua ruas jembatan layang sepanjang 858 meter di kawasan Aloha tersebut. "Kami kerjakan itu sepanjang hari seperti biasa," ujar Muhammad Sadikin, manajer konstruksi, Kamis, 23 Maret 2023.

Pemasangan seluruh tiang pancang diharapkan selesai dengan cepat. Selama pemasangan tiang pancang berdampak pada kelancaran lalu lintas. Pengalihan arus lalu lintas pun berlangsung dimulai Jumat, 24 Maret 2023 hingga Juni 2023.

Arus lalu lintas yang paling banyak terganggu adalah dari arah Jalan Raya Juanda menuju bundaran Aloha lalu ke Surabaya. "Untuk yang ke arah Sidoarjo sudah bisa melewati frontage road," kata Wakasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Meita Anisa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: