Datangi Polda Jatim, Uya Kuya Ceritakan Aksi Tipu-Tipu Farouk

Datangi Polda Jatim, Uya Kuya Ceritakan Aksi Tipu-Tipu Farouk

Uya Kuya saat di Polda Jatim, Rabu, 19 April 2023-Syahrul Rozak Yahya - Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Terungkapnya aksi tipu-tipu Moch Farouk Fajar terhadap 16 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong, tidak lepas dari peran artis Uya Kuya.

 

Pasalnya, mantan anggota grup vokal Tofu itulah yang memviralkan kisah korban-korban penipuan dan pemerasan Farouk.

Rabu siang, Uya Kuya beserta istrinya mendatangi Polda Jatim. Bukan untuk diperiksa, namun ia berbagi cerita terkait kasus penipuan yang baru-baru diungkap Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus.

BACA JUGA:Kenalan di Aplikasi Tan Tan, Pria Surabaya Perdayai Belasan TKW

BACA JUGA:Mudik di Hati Bersama BUMN, Pertamina Berangkatkan 3 Ribu Orang

BACA JUGA:One Way Berlangsung Tanpa Henti. Sudah Diperpanjang Dua Kali

Pria yang bernama asli Surya Utama itu menceritakan, dirinya sudah sering mendapatkan aduan dari para PMI.

Namun yang kali ini cukup unik. Bukan soal PMI yang gajinya tidak dibayar, atau dianiaya majikan. Namun, soal penipuan yang dilakukan oleh warga Indonesia sendiri.


Uya Kuya bersama Direktur Reserse Kriminal Khusus ( Dirreakrimsus) Polda Jatim, Kombes Pol Farman-Syarul Rozak Yahya - Harian Disway-

“Modusnya ada yang dipacari dan dijanjikan dinikahin. Dan ternyata bukan hanya satu orang, dan semua modusnya sama. Berawal dari kenalan di tan-tan (aplikasi pencarian jodoh),” ungkap Uya, yang mengaku 30 persen subscribernya adalah PMI atau TKW.

BACA JUGA:6 Tips Mudik Naik Motor dengan Aman, Pastikan Anak-Istri Tak Tertinggal

“Ada salah satu korban yang di Taiwan anaknya sudah lahir. Mukanya mirip banget dengan dia (pelaku, Red). Dari informasi dia sudah beraksi sejak 2015. Jadi gak heran kalau ada anaknya yang sudah umur 7 tahun,” imbuhnya.

Bahkan ada yang sudah dinikahi dengan sumpah di atas Al - Quran. Hingga akhirnya berhubungan suami istri.

“Dan disitulah divideokan dan difoto. Dengan modal itulah para TKW ini diperas untuk meminjam duit di Bank. Kalau tidak mau video dan fotonya disebarkan kepada orang tua korban,” ujar Uya.

Hasil dari perbuatan Farouk ini sampai ada beberapa korban yang hamil. Ada juga yang sempat ingin bunuh diri karena memiliki hutang bank hingga Rp 120 juta.

Setelah beberapa korban viral di podcast yang tayang di channel Uya Kuya Tv, akhirnya ada beberapa korban yang menghubunginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: