Sudah Hari Kerja, Pemudik Belum Balik Semua. Bahkan Belum Separuhnya

Sudah Hari Kerja, Pemudik Belum Balik Semua. Bahkan Belum Separuhnya

Waduh, pemudik belum kembali semua ke perantauan. Menhub Budi Karya Sumadi minta agar tidak menumpuk di Sabtu-Minggu pekan ini-Foto: Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Meskipun sudah memasuki hari kerja di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, jutaan pemudik yang pulang kampung terdeteksi belum kembali ke perantauan. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksikan, bahwa sisa para pemudik ini bakal kembali ke Jakarta pada puncak arus balik kedua yang memanfaatkan akhir pekan terakhir bulan April. Yakni mulai Sabtu tanggal 29 April 2023 sampai Senin, 1 Mei 2023. 

Data dari Kemenhub menunjukkan bahwa 50 persen lebih kendaraan terdeteksi belum kembali ke Jakarta hingga hari ini, Kamis 27 April atau H+4 lebaran. 

BACA JUGA:India Salip Tiongkok Jadi Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia

BACA JUGA:Pilih Presiden Dari Rekam Jejak

Lebih tepatnya sekitar 55,8 persen kendaraan yang sebelumnya terdeteksi meninggalkan Jakarta lewat Jalan Tol Tras Jawa. Karena itulah, Menhub Budi Karya Sumadi menghimbau masyarakat untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua.

Untuk memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, melakukan rapat koordinasi sekaligus peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70. Yang dilanjutkan dengan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

BACA JUGA:Siswi SMP di Surabaya Dicekoki Miras dan Diperkosa Hingga Hamil 5 Bulan

BACA JUGA:Termakan Hoaks, Korban Pencurian Motor Datangi Polsek Rungkut

 “Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30 April) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” papar Menhub.

Selain Lebaran Kupat, lanjut Budi, masih akan ditambah pergerakan kendaraan masyarakat di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini. “Ini akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan,” kata Budi. 

Untuk itu, Bdui mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari ini, Kamis, Jumat, serta Sabtu untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin “Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tutur Menhub.

BACA JUGA:Pelayanan KA Makin Diminati Warga, Okupansi Penumpang Naik 38 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: