Pelayanan KA Makin Diminati Warga, Okupansi Penumpang Naik 38 Persen

Pelayanan KA Makin Diminati Warga, Okupansi Penumpang Naik 38 Persen

Penumpang kereta api Ambarawa Ekspres tiba di Stasiun Pasarturi, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/4/2023). -Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kereta Api Ambarawa Ekspres tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi, di jalur dua, pukul 16.16 wib, Rabu, 26 April 2023.

 

Ratusan penumpang yang diangkut KA kelas ekonomi itu pun, bergegas turun dari atas gerbong.

 

Suasana area kedatangan boarding menjadi riuh. Mereka berlanjut berduyun-duyun menuju pintu keluar yang berada di sisi utara stasiun.

BACA JUGA:Siswi SMP di Surabaya Dicekoki Miras dan Diperkosa Hingga Hamil 5 Bulan

 

BACA JUGA:Dirut Pertamina Pantau Pemenuhan Kebutuhan BBM Arus Balik Dari Command Center

Di antara dari mereka, mulai mencari keluarganya yang hendak menjemput. Ada pun yang terlihat sibuk, mencari tukang ojek, untuk bisa mengantarnya ke rumah atau tempat singgahnya di Kota Pahlawan.

 

"Kami pulang ke Surabaya karena anak saya besok sudah kembali bekerja," ujar Arta, salah satu penumpang KA Ambarawa Ekspres, di dekat pintu keluar stasiun, Rabu, 26 April 2023.

 

Arta bersama putrinya, membawa tiga kardus sekaligus sekoper barang bawaan. Mereka berdua sudah empat hari berkunjung di Semarang dalam rangka kumpul bareng keluarga besar dalam momen Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

 

Mereka pun mengaku senang, bisa kembali ke Surabaya dengan menaiki kereta api.

 

"Alhamdulillah perjalanan kami dengan KA menyenangkan, lancar dan nyaman," lanjut Arta.

 

Hal senada, juga disampaikan oleh rombongan tiga mahasiswa Surabaya. Perjalannya nyaman dengan menggunakan transportasi kereta api. Ketiga mahasiswa itu, juga datang dari arah Semarang.

 

"Suasana perjalan kali ini lebih ramai ya, dibandingkan dengan tahun lalu. Tetapi, tetap bisa nyaman sih," ujar salah seorang dari rombongan mahasiswa itu, Keisha A. Mereka balik mudik ke Surabaya, setelah enam hari memanfaatkan momen libur Lebaran di Semarang.

 

"Karena nyaman, besok kita enak, bisa kembali Ngampus dengan nyaman," lanjut Keisha.

 

PT KAI Daop 8 Surabaya mengumumkan, jumlah kedatangan penumpang hari itusebanyak 26.914 orang. Data ini adalah akumulasi dari Stasiun Surabaya Gubeng 9.316, Stasiun Surabaya Pasarturi 7.628, Stasiun Malang 4.401, dan selebihnya dari stasiun wilayah Daop 8 lainnya.

 

BACA JUGA:PLN Berikan Pendidikan Gratis Selama Ramadan

 

BACA JUGA:AKBP Achiruddin Hasibuan Dicopot Buntut Kasus Penganiayaan Ken Admiral

 

"Itulah, berdasarkan data pukul 11.00 wib," ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

 

Menurut Luqman, dibandingkan tahun 2022, okupansi penumpang yang menggunakan KA di Daop 8 Surabaya meningkat 38 persen, menjadi 75.000 penumpang. Tercatat pada periode yang sama, H-8 hingga H+3 Lebaran, atau mulai 14 April hingga 26 April 2023.

 

"Hari ini, sebanyak 268.413 penumpang telah berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya. Sebanyak 254.038 penumpang tiba di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya," kata Luqman.

BACA JUGA:Breaking News! PPP Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, KIB Pecah atau PDIP Bergabung?

 

Kata Luqman, transportasi kereta api masih menjadi favorit masyarakat. Itu, dengan berbagai keunggulan. Antara lain, ketepatan waktu, lokasi stasiun yang strategis, kenyamanan di stasiun maupun di atas KA, dan lain sebagainya.

 

"Pemesanan tiket KA bisa melalui aplikasi KAI Access ataupun mitra resmi lainnya. Namun, jika tanggal favorit yang diinginkan tidak ada, mereka menggunakan fitur connecting train yang terdapat pada aplikasi KAI Access, atau memilih tanggal alternatif lain," tandas Luqman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: