Mauricio Souza Jadi Pelatih Asal Brasil Ketiga di Madura United

Mauricio Souza Jadi Pelatih Asal Brasil Ketiga di Madura United

Mauricio Souza merupakan pelatih asal Brasil ketiga yang akan menangani Madura United di Liga 1.-Andre Durao/Globo-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sejak kali pertama muncul pada 2016 lalu, Madura United begitu identik dengan pelatih lokal. Khususnya yang berasal dari Brasil. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu kembali ditukangi nakhoda dari Negeri Samba di Liga 1 musim 2023/2024. Namanya Mauricio Souza.

Mauricio Souza diperkenalkan sebagai arsitek anyar Madura United pada Senin, 1 Mei 2023. Sebelumnya, pria 49 tahun ini sempat melatih Vasco da Gama, salah satu tim ternama asal Brasil. Hanya saja masa kerjanya di Vasco sangat singkat. Hanya sebulan saja pada Juni-Juli tahun lalu.

Mauricio Souza cukup lama menganggur setelah didepak oleh Vasco da Gama. Kurang lebih satu tahun. Kini ia akan menukangi Madura United di Liga 1. Selama semusim ke depan, Mauricio Souza tidak hanya fokus ke tim senior, ia juga dibebankan tugas untuk mengembangkan Madura United Academy Football (MUFA).

Seperti yang telah disinggung di atas, Mauricio Souza merupakan pelatih asal Brasil ketiga yang menangani tim asal Pulau Garam tersebut.

Berikut daftar pelatih asal Negeri Samba yang pernah menukangi Madura United:

1. Gomes de Oliveira
Gomes merupakan pelatih pertama yang menangani Madura United. Ia memimpin tim ini selama dua periode. Periode pertama dimulai pada 2016 lalu. Gomes bertahan hingga Februari 2018. Usai dipecat, Gomes digantikan Milomir Seslija.

Gomes kembali melatih Madura United mulai Juni 2018. Ia bekerja hingga Desember 2018. Secara keseluruhan, Gomes memimpin Laskar Sape Kerrab di 66 pertandingan. Gomes mencatat 32 kemenangan, 18 seri, dan 16 kekalahan.

2. Fabio Lefundes
Fabio Lefundes bergabung dengan Madura United pada November 2021. Fabio mengisi tempat Rahmad Darmawan yang didepak dari satu-satunya wakil Pulau Garam di Liga 1 itu. Fabio memimpin Madura United hingga Maret 2023.

Dari 53 pertandingan yang dilalui, Fabio Lefundes telah memberikan 21 kemenangan, 13 kali seri, dan 19 kali kalah.

Sementara itu, Mauricio Souza lebih banyak menghabiskan masa kerjanya di Brasil. Ia pernah mengabdi untuk Botafogo dan Flamengo. Selain itu, Mauricio Souza pernah bekerja sebagai asisten pelatih di Athletico Paranaense sebelum menjadi head coach Vasco da Gama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: