Perdana Menteri Timor Leste Tiba di KTT ASEAN ke 42, Statusnya Tetap Peserta Pengamat

Perdana Menteri Timor Leste Tiba di KTT ASEAN ke 42, Statusnya Tetap Peserta Pengamat

PM Timor Leste Taur Matan Ruak tiba di Bandara Internasional Komodo, Selasa, 9 Mei 2023-Kementerian Kominfo-

MANGGARAI BARAT, HARIAN DISWAY - Perdana Menteri Perdana Menteri Timor-Leste, Taur Matan Ruak, tiba di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat Selasa Sore, 9 Mei 2023. 

Taur mendarat bersama pesawat kenegaraan Aero Dili Timor Leste sekitar pukul 14.00 WIB disambut oleh Menkominfo Johnny G Plate. Ia dijadwalkan hadir untuk mewakili negaranya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Timor Leste memang sedang getol mengupayakan untuk menjadi anggota ke 11 ASEAN. Indonesia pun telah menunjukkan dukungan terhadap hal tersebut. Meski demikian, kehadiran Matan Ruak kali ini hanya sebagai peserta pengamat (observer) pada pertemuan pemimpin negara-negara Asia Tenggara tersebut.  

BACA JUGA:Indonesia Bawa Isu Perdagangan Manusia ke KTT ASEAN

BACA JUGA:Perlindungan WNI Masih Isu Utama di KTT ASEAN

BACA JUGA:Keindahan Waterfront Marina Labuan Bajo, Venue Utama Jamuan Delegasi ASEAN, Lihat Foto-Fotonya

Dalam KTT ke-42 ASEAN 2023 ini, salah satu yang dibahas adalah peta jalan yang memuat unsur penting seperti instrumen hukum, skema kontribusi finansial, dan penguatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste. 

Upaya ini dalam rangka mempersiapkan negara tersebut menuju partisipasi penuhnya di ASEAN. Selain disambut oleh Menkominfo, Ia juga disambut Tari-tarian tradisional NTT turut mengiringi selama penyambutan. 

Dari Bandara Komodo, PM Taur langsung menuju lokasi KTT ke-42 ASEAN 2023. Saat menyambut PM Timor Leste, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto.

Rangkaian KTT ke-42 ASEAN 2023 akan menghadirkan delapan pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor-Leste yang hadir sebagai pengamat. 

BACA JUGA:Pertamina Tampilkan UMKM dan Desa Wisata Binaan Dalam KTT ASEAN ke 42

BACA JUGA:Ajak Delegasi Nikmati Sunset dari Pinisi

Sore itu juga, PM Timor Leste mengadakan pertemuan dengan Presiden Jokowi. Menlu Retno Marsudi mengatakan, Presiden memberikan ucapan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor-Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: