Dukung Upaya Pembersihan Area Terluar Ambon dan Sulawesi Selatan, RECO Daftarkan Plastik Kredit di PCX

Dukung Upaya Pembersihan Area Terluar Ambon dan Sulawesi Selatan, RECO Daftarkan Plastik Kredit di PCX

RECO, perusahaan daur ulang terintegrasi dengan pusat daur ulang di berbagai tempat di Indonesia, menjual plastik kredit yang terverifikasi. --RECO

SURABAYA, HARIAN DISWAY - RECO, perusahaan daur ulang terintegrasi dengan pusat daur ulang di berbagai tempat di Indonesia, menjual plastik kredit yang terverifikasi. Demi membiayai proyek pembersihan di Ambon serta upaya pencegahan pembuangan akhir di Sulawesi Selatan.

Untuk melakukan hal itu, RECO bermitra dengan PCX Markets, sebuah marketplace plastik kredit yang teraudit. Selama ini RECO dikenal sebagai perusahaan yang dapat dilacak asal pemulihan sampah plastiknya serta memiliki pengolahan yang bertanggung jawab di seluruh dunia.

Dijelaskan oleh CEO RECO Alex Chandra, dengan mendaftarkan plastik kredit di PCX Markets, pihaknya berharap bisa terhubung dengan banyak perusahaan di Indonesia dan di seluruh dunia. Untuk bisa membantu membiayai pembersihan daerah pesisir terluar itu.

BACA JUGA: Yang Membidik Beasiswa APERTI BUMN 2024, Inilah Persyaratan dan Rentang Waktunya, Buruan Mendaftar!

"Kami melakukan hal ini mengingat krisis sampah plastik telah menghantam negara kita sangat buruk dan kami mengimbau pada perusahaan yang berkomitmen untuk membuat dampak dan membantu kami untuk menyelesaikan masalah," katanya, pada Kamis, 16 Mei 2024.

Seperti diketahui, Indonesia berada di pusat krisis sampah plastik dunia. Negara ini menghasilkan kurang lebih 7,8 juta ton sampah plastik tiap tahun. Menurut Bank Dunia, 5 juta ton tidak terkumpulkan atau dibuang di pembuangan akhir secara terbuka.

Artinya sampah sejumlah itu tidak dikelola dengan layak. Ironisnya, daerah pedesaan menghasilkan dua pertiga dari sampah yang tidak terkelola dengan baik itu mengingat terbatasnya laju pengumpulan sampah.

BACA JUGA: PKS dan Golkar Pertimbangkan Usung Menantu Pakde Karwo Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya: Modal Elektabilitas Sudah Bagus

Karena itu, RECO telah melalui proses audit ketat serta verifikasi yang dilakukan oleh auditor pihak ketiga secara transparan menggunakan Plastic Pollution Reduction Standard (PPRS) dari PCX Solutions, yakni perusahaan standarisasi nirlaba.

RECO ingin memastikan dampak dan pertanggungjawaban dari proyek plastik kredit. Pengumpulan dan pendaurulangan yang dibiayai oleh plastik kredit terdaftar oleh RECO di PCX Markets itu juga telah terverifikasi oleh auditor pihak ketiga sebagaimana disyaratkan oleh PPRS sebelum kredit diterbitkan kepada para pembeli.

Dijelaskan oleh Alex, RECO fokus pada daerah pesisir terluar karena melihat fasilitas pengelolaan sampah di sana terbatas atau tidak tersedia sama sekali. Seperti di Pulau Ambon, anak perusahaan RECO, PT. Milion Limbah Ambon membiaya pengumpulan berbasis komunitas.

BACA JUGA: Ulama Haji Fatwakan Berhaji Wajib Dengan Izin dan Jalur Resmi, Kalau Tidak...

Pihaknya membeli plastik dari pelapak dan pengumpul plastik yang akan diproses di fasilitas daur ulang berteknologi tinggi yang dapat memproses sampah bernilai rendah. 

Perusahaan tersebut juga mengoperasikan pengumpulan di area pesisir termasuk pengumpulan menggunakan perahu kecil untuk sampah hingga jarak 200 meter dari pesisir dan juga melalui alat pengumpul sampah yang terpasang di muara sungai di  Ambon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: