PKS dan Golkar Pertimbangkan Usung Menantu Pakde Karwo Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya: Modal Elektabilitas Sudah Bagus

PKS dan Golkar Pertimbangkan Usung Menantu Pakde Karwo Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya: Modal Elektabilitas Sudah Bagus

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji (kiri), Bayu Airlangga (kanan)-Dokumentasi Golkar Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bursa calon Wali Kota SURABAYA semakin menghangat. Setelah tampilnya pasangan petahanan Eri Cahyadi-Armuji, dan calon Independen Asrilia Kurniati-Satria Wicaksono, kini tampil nama Bayu Arilangga yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur mempertimbangkan bakal mengusung Bayu Airlangga di Pilwali Kota Surabaya. Usulan menyeruak saat mereka menyambangi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Timur.

Bayu Airlangga dinilai sebagai figur baru yang cocok dan mumpuni untuk memimpin Kota Surabaya. Menantu Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 Sukarwo atau Pak De Karwo ini dinilai bisa menjadi angin segar bagi Kota Pahlawan dan membawanya lebih maju.


Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur saat mereka menyambangi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Timur, Sabtu, 18 Mei 2024-Ist-Harian Disway

"Kami akan mendukung, Mas Bayu terserah mau di mana, di cawali atau cawawali. Kami tentunya dengan ada calon baru bagi kami sangat baik. Tinggal teman-teman di Surabaya bagaimana nanti rekomendasinya ke atas," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Timur Irwan Setiawan, Sabtu, 18 Mei 2024.

BACA JUGA:Bayu Airlangga Tepat Dipasangkan Ahmad Dhani di Pilwali Surabaya 2024

Irwan mengaku banyak mendengar laporan dari sejumlah rekan di DPD PKS Surabaya. Katanya, mereka baru saja bertemu dan bersilaturahmi dengan Bayu Airlangga. 

Selanjutnya, laporan dari DPD PKS Surabaya soal calon yang akan diusung di Pilwali itu akan dikirim ke DPP PKS. Kemudian, DPP akan menentukan dan memberi rekomendasi.

"Kami dapat laporan Mas Bayu mau maju, kami akan menunggu laporan dari DPD Surabaya untuk mempertimbangkan Mas Bayu direkom," ujarnya.

BACA JUGA:Golkar Siapkan Bayu Airlangga Sebagai Cawali Surabaya 2024

Ketua Golkar Jatim M Sarmuji menyambut baik kedatangan PKS. Menurut Sarmuji, Golkar dan PKS tengah membangun komunikasi untuk bekerja sama di sejumlah wilayah, termasuk di Surabaya. Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga mengapresiasi PKS yang berhasil meningkatkan perolehan suara serta kursi di Jatim.

"Kita jajaki peluang berkoalisi dengan teman-teman PKS," ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Politik ARCI Baihaki Sirajt menyebut nama Bayu Airlangga terus mencuat dan kuat di Surabaya. Ia memprediksi Bayu bisa menjadi figur potensial untuk melawan petahana Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya 2024.

"Bayu sangat potensial untuk melawan Eri Cahyadi. Di awal survei kami pada medio April 2024 lalu, elektabilitas Bayu sebagai Cawali Surabaya sudah di angka 8,7 persen," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: