Bayu Airlangga Tepat Dipasangkan Ahmad Dhani di Pilwali Surabaya 2024

Bayu Airlangga Tepat Dipasangkan Ahmad Dhani di Pilwali Surabaya 2024

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim-Dok pribadi-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pencalonan Bayu Airlangga santer terdengar bakal maju dalam Pemilihan Wali Kota SURABAYA 2024. Menantu Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 Sukarwo atau Pak De Karwo ini disebut-sebut bakal menyaingi pertahana Eri Cahyadi.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim mengatakan kondisi ini menggambarkan tidak adanya calon tunggal di Pilwali Surabaya 2024. Sehingga tidak ada isitilah koalisi super gemuk di Kota Surabaya.

"Masih ada yang menantang Eri Cahyadi untuk Pilwali Surabaya," ujar Dosen Ilmu Komunikasi UTM ini, Jumat, 3 Mei 2024.

BACA JUGA:Ronde Kedua! Eri Cahyadi dan Armuji Resmi Daftarkan Diri Dalam Pilwali Surabaya 2024

Sosok Eri Cahyadi di Surabaya dinilai masih populer. Oleh sebab itu perlu tokoh yang memiliki kredibilitas tinggi sehingga dapat menyaingi Wali Kota Surabaya tersebut. Sejauh ini memang belum ada sosok yang mendeklarasi diri menjadi calon wali kota Surabaya selain pasangan Eri-Armuji

"Bayu Airlangga punya nilai plus, semakin banyaknya nilai plus maka semakin kompetitif, Pilwali Surabaya juga semakin dinamis," ujarnya. 

Jika Bayu Airlangga masuk dalam bursa Pilwali Surabaya 2024, ia harus bisa menggandeng tokoh yang sudah memiliki nama akrab dan kredibilitas di Surabaya. Peluang jika Gerindra mengajukan Ahmad Dhani dari sisi popularitas kuat memang bisa dijadikan cara. Meski dari kompetensi birokrasi masih lemah. 

BACA JUGA:Inilah 50 Anggota DPRD Kota Surabaya Terpilih Periode 2024-2029

"Dari sisi popularitas emang kuat, dari sisi kompetensi dirinya lemah untuk managerial di birokrasi, tapi kalau seandainya Bayu Airlangga dengan wakil Ahmad Dhani ya seru menurut saya," jelasnya. 

Lebih lanjut, ia mengatakan Armuji di Pilkada 2024 kali ini memiliki potensi besar untuk kemenangan Eri Cahyadi. Sebab Armuji memiliki basis elektoral yang sangat kuat di Surabaya. Justru penantang yang sebenarnya bagi Eri Cahyadi ialah Armuji.

"Sebenernya faktor Armuji-nya itu yang menurut saya kuat itu, Eri Cahyadi itu seandainya wakilnya bukan Armuji itu malah seru," imbuhnya.

BACA JUGA:PDIP Surabaya Cuma Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024: Keputusan di Tangan Megawati

Apabila Eri Cahyadi menjadi rival Armuji maka bisa dipastikan Pilkada 2024 Surabaya bakal kompetitif. Lalu, jika Eri Cahyadi dipasangkan oleh wakil lain dan Armuji dipasangkan dengan calon lain dan Ahmad Dhani digandengkan langsung oleh Bayu Airlangga, ia yakin bakal menjadi pertarungan yang sangat kompetitif untuk Pilkada 2024. 

"Dilawankan dulu ya, Eri Cahyadi bersama pasangannya, Armuji bersama pasangannya lalu Ahmad Dhani bersama Bayu Airlangga. Biar kompetitif lah, masak Pilkada sepi-sepi aja," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: