Sekolah Ciputra jadi Tuan Rumah World Scholar Cup 2023

Sekolah Ciputra jadi Tuan Rumah World Scholar Cup 2023

Suasana World Scholar Cup yang diadakan di Sekolah Ciputra, pada 13 Mei 2023-Syahrul Rozaq-

SURABAYA, Harian DiswaySekolah Ciputra menjadi tuan rumah The World Scholar's Cup pada Sabtu dan Minggu, 13-14 Mei 2023. Perlombaan itu digagas oleh The World Scholar Cup Organizer, sebuah organisasi pendidikan yang berpusat di AS. Digelar di Sekolah Ciputra, acara itu diikuti oleh 480 siswa. Mereka datang dari 27 sekolah dari seluruh Indonesia.

’’Sebagai tuan rumah, kami memfasilitasi berbagai jenis kompetisi yang dipertandingkan,’’ jelas Budhi Harto, koordinator acara dari Sekolah Ciputra.

Kompetisi itu dibagi menjadi dua level. Yakni level Junior, yang diikuti siswa-siswi usia 11-13 tahun. Serta level Senior yang diikuti peserta usia 13-15 tahun. Pada siswa bergabung dalam 161 kelompok.

Terdapat empat jenis kompetisi. Yakni debate, collaborative writing, scholar's challenge dan scholar's bowl. Pada hari pertama, digelar babak penyisihan. Para juri dari The World Scholar Cup Organizer memilih beberapa tim terbaik. Mereka bakal bertanding kembali esok hari. ’’Besok akan ada kompetisi Scholar's Bowl, Debate Showcase, dan Scholar's Show. Tim yang terpilih akan bertanding secara terbuka,’’ ujar Budhi Harto yang berusia 44 tahun itu.

Para panitia tuan rumah yang sebagian besar adalah guru Sekolah Ciputra telah menyiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti kompetisi tersebut selama tiga bulan. ’’Para guru telah menyiapkan para siswa. Mulai dari melatih debat, berpikir kritis, menulis ilmiah, dan sebagainya. Kami harap perwakilan kami bisa lolos,’’ ujar Cornelia Nathalie, wakil ketua panitia sekaligus divisi Public Relations & Events Sekolah Ciputra.

Dari kompetisi tersebut, sepuluh pemenang akan melangkah ke babak kompetisi tingkat global dengan berbagai tim lain di seluruh dunia. ’’Namanya Global Round. Dari regional, disaring lagi 10 terbaik untuk dibawa ke AS,’’ jelas Cornelia. Di AS, sepuluh tim yang terseleksi akan bersaing memperebutkan gelar tertinggi. Kompetisi tahap akhir tersebut akan diselenggarakan di Yale University, New Haven, Connecticut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: